Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Video: Silaturahmi dengan PNM, Kiai Idris Beberkan Rencana Pembangunan Tahun 2024

EVD 01 - berita depok
Kamis, 16 Maret 2023, 10:33 WIB
Videos

berita.depok.go.id - berita.depok.go.id-Wali Kota Depok, Mohammad Idris, menjabarkan rencana pembangunan Kota Depok tahun 2024 kepada puluhan anggota Paguyuban New Milenium (PNM). Menurutnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok telah menjalankan sejumlah arahan Presiden Joko Widodo mengenai Reformasi Birokrasi Tematik dalam arah pembangunan daerah.

Arahan presiden mengenai Reformasi Birokrasi Tematik fokus kepada pengentasan kemiskinan, memudahkan investasi, akselerasi digitalisasi administrasi pemerintahan dan tematik prioritas presiden. Semua itu telah dijalankan oleh Pemkot Depok dalam Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD).

"Alhamdulillah, sebagian besarnya sudah sesuai dengan arahan beliau (Presiden Joko Widodo) dari awal. Jadi, sebagiannya sudah kita laksanakan dan sebagiannya lagi tentu on proses, dan progress tahun 2024-2025," tutur Kiai Idris, sapaannya, kepada berita.depok.go.id, usai bersilaturahmi dengan PNM di Lapangan Ketapang, Kelurahan Pondok Petir, Kecamatan Bojongsari, Rabu (15/03/23).

Kiai Idris mengatakan, Kota Depok sedang melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) RKPD Tahun Anggaran 2024. Kegiatan ini digelar 15 - 16 Maret 2023 di Hotel Bumi Wiyata.

Pada kegiatan tersebut, Pemkot Depok menghadirkan pembicara utama dari Deputi Bidang Kelembagaan dan Tata Laksana Kementerian PAN-RB, Nanik Murwati.

Lebih lanjut, ujar Kiai Idris, dari sisi investasi saat ini Laju Pertumbuhan Ekonomi (LPE) Kota Depok tergolong bagus. Namun, masih berada di bawah nasional dan Provinsi Jawa Barat.

"Ternyata saya lihat, faktor dari kenaikan LPE nasional lebih tinggi dari Depok karena unsur pertanian. Jadi, unsur pertanian di tingkat nasional sedang digalak-galakan, sementara kita urban farming, di Kota Depok masih on proses dan tanah pertanian sudah dipakai gedung-gedung pencakar langit," jelasnya.

"Khususnya di Pondok Petir, dipakai perumahan-perumahan, jadi sudah habis lahan pertanian kita," ujarnya.

Karena itu, kata Kiai Idris, Pemkot Depok diminta oleh pemerintah pusat untuk mewujudkan kembali minimal 20 persen lahan pertanian. Seperti diketahui, Kota Depok memiliki luas wilayah 200 Km, dari luasan tersebut, 20 persennya harus lahan pertanian. (VD01/EVD01/PB03)