Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Video: Lewat Dongeng, Ketua Forikan Depok Sosialisasikan Manfaat Makanan Sehat

EVD 01 - berita depok
Rabu, 8 November 2023, 11:57 WIB
Videos

berita.depok.go.id - berita.depok.go.id - Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Kota Depok, Elly Farida memberikan edukasi tentang manfaat mengonsumsi ikan, telur, buah dan sayuran kepada ibu-ibu di lokasi khusus (lokus) Peningkatan Peran Wanita menuju Keluarga Sehat dan Sejahtera (P2WKSS) RW 04, Kelurahan Duren Seribu, Kecamatan Bojongsari, Senin (30/10). Tidak seperti biasanya, dongeng dipilih Elly Farida sebagai sarana edukasi kali ini.

Menurutnya, mendongeng menjadi salah satu cara Pemerintah Kota (Pemkot) Depok dalam mendukung program D'Sunting Menara (Depok Sukses Bebas Stunting Mewujudkan Kota Ramah Anak) menuju Kota Depok zero stunting.

"Ini masih ada kaitannya dengan D'Sunting Menara bahwa Kota Depok juga konsen untuk zero stunting dan kebetulan sebagai bunda literasi yang terbiasa memberikan arahan melalui mendongeng agar pesan yang ingin disampaikan untuk mengkonsumsi buah, sayur dan ikan itu harus dilakukan," ujarnya usai mendongeng kepada berita.depok.go.id, Senin (30/10/23).

Dalam dongengnya Bunda Elly, sapaan akrabnya menyampaikan terkait pentingnya mengonsumsi buah dan sayuran untuk membantu memenuhi nutrisi dalam tubuh. Terutama bagi anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan.

"Sayur dan buah-buahan sangat bagus untuk kesehatan seperti, meningkatkan daya ingat karena mengandung zat anti oksidan. Buah dan sayuran juga membuat tubuh lebih bugar karena kandungan vitamin dan mineral yang ada di dalamnya," jelasnya.

"Kandungan serat dalam buah dan sayuran bisa melancarkan buang air besar dan membantu mengatasi obesitas dan juga bisa mencegah dan mengobati kanker," tambahnya.

Selain itu, dirinya menyebut saat ini Kota Depok masuk kedalam lima besar dengan angka stunting terendah tingkat nasional. Kemudian berada di peringkat kedua di Provinsi Jawa Barat.

"Mudah-mudahan upaya kita untuk mendukung Depok menjadi Kota Layak Anak (KLA) dan ramah anak segera terwujud dan masyarakat di lokasi P2WKSS bisa kita angkat menjadi wilayah yang lebih hebat lagi," tutupnya. (VD02/EVD01-Magangali/EUD03)