Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Video: Kodim Bersama Pemkot Depok Lakukan Aksi Bersih-Bersih di Pasar Kemiri

EVD 01 - berita depok
Selasa, 12 Desember 2023, 10:06 WIB
Videos

berita.depok.go.id - Berita.depok.go.id - Memasuki awal musim hujan, personel Komando Distrik Militer (Kodim) 0508/Depok bersama Polri, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok, dan masyarakat melaksanakan kegiatan Karya Bakti TNI membersihkan Pasar Kemiri, Kecamatan Beji, Jumat (08/12/23) pagi.

Kegiatan Karya Bakti TNI merupakan arahan Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Maruli Simanjutak. Gerakan ini harus dilaksanakan secara serentak di seluruh Kodim se-Indonesia.

Komandan Kodim (Dandim) 0508/Depok, Kolonel Infanteri (Inf) Totok Prio Kismanto menjelaskan, ketika hujan Pasar Kemiri kerap banjir, yang disebabkan selokan di sana tersumbat sampah.

Oleh sebab itu, seluruh personel gabungan diturunkan untuk mengatasi masalah tersebut.

"Pasar Kemiri merupakan pasar sentral di Depok. Oleh sebab itu, kami melaksanakan kegiatan di sini (membersihkan selokan), dengan tujuan mencegah luapan air ke pasar saat musim penghujan," tuturnya, usai kegiatan tersebut.

Menurut Kolonel Inf Totok, meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya hidup bersih dan sehat, serta menjaga kebersihan pasar, merupakan tugas bersama.

Pasalnya peran serta masyarakat sangat dibutuhkan dalam mencegah banjir dan penyebaran penyakit dari lingkungan yang kotor.

"Kegiatan ini sudah berlangsung sejak Senin di seluruh Koramil menyasar sumber luapan air, dan akan terus berlanjut selama musim hujan," paparnya.

Di tempat yang sama, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat pada Sekretariat Daerah Kota Depok, Gandara Budiana menyebut, Pemkot Depok sangat mendukung kegiatan karya bakti TNI karena bermanfaat mencegah banjir dan munculnya penyakit, seperti Demam Berdarah akibat nyamuk Aedes Aegypti.

"Ini suatu kegiatan yang sangat positif dan apresiasi atas nama Pemkot kepada Dandim yang telah mengkomandoi gerakan-gerakan kebersihan di Kota Depok," ucapnya.

"Mudah-mudahan apa yang disampaikan Dandim bisa dipahami bersama, dan semua stakeholder yang terlibat, termasuk kesadaran masyarakat membuang sampah ini tidak sembarang sehingga bisa optimal," tandas Gandara. (VD01/EVD 01)