Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Video: Kampanye Gemarikan Cegah Stunting, Wali Kota Depok: Cara Makan Ikan Ada Takarannya

EVD 01 - berita depok
Rabu, 1 November 2023, 11:52 WIB
Videos

berita.depok.go.id - berita.depok.go.id - Pemerintah Kota (Pemkot) Depok gencar mengampanyekan ‘Gemar Makan Ikan’ kepada anak untuk mengatasi kasus stunting. Kampanye gemar makan ikan ditandai dengan kegiatan sosialisasi gerakan memasyarakatkan makan ikan (Gemarikan) dan membagi-bagikan paket makanan olahan ikan di lokasi khusus (lokus) Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat dan Sejahtera (P2WKSS) RW 04, Kelurahan Duren Seribu, Kecamatan Bojongsari.

Pada sosialisasi Gemarikan tersebut, Wali Kota Depok, Mohammad Idris bersama Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Kota Depok, Elly Farida hadir dalam kegiatan yang diadakan, Senin (30/10/23).

“Agar sehat bisa dengan berbagai cara, di antaranya adalah mengonsumsi ikan,” kata Wali Kota Depok, Mohammad Idris yang kerap disapa Kiai Idris di sela-sela kegiatan.

Dia pun menekankan kepada masyarakat tetap perlu memperhatikan porsi mengonsumsi ikan setiap harinya agar tidak berlebihan.

“Coba bayangkan kalau saya makan ikan gurame 2 kilo sekaligus, itu jadi tidak sehat, nah itu juga cara makan ikan harus diatur, ada takarannya,” ucapnya.

Dalam momen tersebut, Pemkot Depok juga mengampanyekan Gerakan Makan Buah dan Sayur, serta Gerakan Minum Susu dan Makan Telur (Gerimis Telur).

Menurut Kiai Idris, makan buah dan sayur juga dalam rangka mendukung Depok Sukses Bebas Stunting Mewujudkan Kota Ramah Anak atau D’Sunting Menara, yaitu program utama pencegahan stunting yang juga sebagai upaya penyelesaian persoalan kesehatan itu.

“Kalau memang belum (stunting) bisa dilakukan pencegahannya, sehingga nanti generasi pemimpin-pemimpin bangsa kita adalah generasi sehat, bugar,” ucapnya.

Terakhir, Kiai Idris menyampaikan terima kasih kepada Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Depok sebagai pelaksana kegiatan, camat, lurah, RT-RW dan semua pihak di wilayah Duren Seribu, yang sudah mendukung kegiatan menyampanyekan Gemarikan, Gerakan Makan Buah dan Sayur, dan Gerimis Telur.

“Atas nama pribadi dan pemerintah, saya ucapkan terima kasih, kepada DKP3, camat, lurah RT-RW dan Kelurahan Duren Seribu yang sudah mendukung dan memfasilitasi suksesnya acara yang mempunyai nilai strategis ini,” tutupnya. (VD02-MagangRafli/ EVD01-MagangAli/EUD03)