Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Video: HUT ke-1 RSUD ASA, Wali Kota Depok Apresiasi Raihan Akreditasi Paripurna Bintang Lima

EVD 01 - berita depok
Kamis, 30 November 2023, 16:34 WIB
Videos

berita.depok.go.id - berita.depok.go.id - Wali Kota Depok, Mohammad Idris menghadiri acara Puncak Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-1 Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Anugerah Sehat Afiat (ASA) Kota Depok.

KIai Idris, sapaan Wali Kota Depok, Mohammad Idris mengungkapkan, di usia satu tahun, RSUD ASA Kota Depok sudah sangat baik, khususnya dalam pencapaian akreditasi tingkat paripurna bintang lima dari Lembaga Akreditasi Rumah Sakit Damar Husada Paripurna.

“Karena satu tahun itu sebenarnya dari sisi kesiapan registrasi untuk akreditasi itu dua tahun minimal, tetapi ini belum satu tahun kita sudah akreditasi dan sekarang sudah keluar sertifikatnya, hasilnya paripurna,” katanya, usai acara puncak Peringatan HUT ke-1 RSUD ASA Kota Depok di Jalan Raya Tapos, Cimpaeun, Tapos, Rabu (15/11/23).

Meski begitu, ia mengajak seluruh manajemen RSUD ASA untuk terus meningkatkan pelayanan yang prima kepada masyarakat.

“Cuma nanti seperti dokter spesialis yang masih kurang, kemudian walaupun sudah BLUD (Badan Layanan Umum Daerah), tetapi masih banyak nombok atau masih subsidi APBD, semua ini yang harus kita tingkatkan,” katanya.

“Karena enggak ada recruiting PNS, ini masalahnya, kita harus mengambil dari luar, dokter spesialis anak ada, tetapi masih kurang, spesialis penyakit dalam baru satu,” ungkapnya.

“Nanti ada spesialis-spesialis lain yang akan kita hire,” imbuh Kiai Idris.

Ke depan, selain penambahan dokter spesialis yang memang dibutuhkan di RSUD ASA, dirinya juga ingin adanya peningkatan pelayanan rujukan.

“Misalnya jantung, nah itu nanti kita rujuk ke Sawangan (RSUD Khidmat Sehat Afiat atau KiSA Depok), kalau di sini (RSUD ASA Depok) sudah ada, kan enggak perlu (pasien dirujuk), termasuk alat kesehatannya,” jelasnya.

Pada momen HUT ke-1 RSUD ASA Depok, Kiai Idris juga meresmikan Poli Klinik Luka RSUD ASA Depok yang ditandai dengan pengguntingan pita.

“Unit-unit ini perlu, kita tidak perlu menunggu yang lainnya berkembang, seperti unit luka ini,” ujarnya.

“Misal nanti ada unit-unit atau poli klinik yang lain yang memang sesuai dengan kebutuhan warga setempat, ke depannya akan seperti itu,” ungkap dia.

Sementara itu, Direktur RSUD ASA Depok, Enny Ekasari menambahkan, sebelum acara puncak HUT ke-1 RSUD ASA, pihaknya sudah menyelenggarakan berbagai kegiatan. Dimulai dari senam bersama antara civitas RSUD ASA dengan warga sekitar, donor darah hingga lomba-lomba bagi para pegawai RSUD ASA.

Peringatan HUT ke-1 RSUD ASA Depok, lanjut Enny akan dijadikan momen peningkatan layanan yang paripurna bagi masyarakat yang membutuhkan, sehingga dapat mewujudkan Kota Depok yang sehat. Salah satunya, dengan membuka layanan klinik perawatan luka skala modern.

"Hadirnya klinik ini sebagai bentuk keseriusan dalam meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan bagi masyarakat," jelasnya.

"Di usia yang masih belia ini, kami masih membutuhkan support dan dukungan semua pihak demi meningkatkan kualitas dan kuantitas layanan," tandas Enny. (VD01/EVD01)