Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Video: Cegah DBD, Wali Kota Depok Luncurkan Kampung Berbatik di Pancoran Mas dan Beji

EVD 01 - berita depok
Selasa, 18 Oktober 2022, 17:02 WIB
Videos

berita.depok.go.id - berita.depok.go.id- Wali Kota Depok, Mohammad Idris meluncurkan Kampung Bersih Bebas Jentik (Kampung Berbatik) di Lapangan RT 02 RW 15, Kelurahan Pancoran Mas Kecamatan Pancoran Mas, hari ini. Peluncuran dilakukan untuk dua lokasi fokus (lokus) Kampung Berbatik yaitu di RW 15 Kelurahan Pancoran Mas dan RW 17 Kelurahan Beji.

“Intervensi Kampung Berbatik ini diharapkan dapat diterapkan pada seluruh RW di Kota Depok sebagai strategi pengendalian penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) berbasis komunitas,” tuturnya usai peluncuran Kampung Berbatik, Selasa (18/10/22).

Menurut Mohammad Idris, intervensi Kampung Berbatik pada dua lokus tersebut dilakukan karena memiliki kasus terbanyak dan kepadatan penduduk tinggi. Untuk RW 15 Kelurahan Pancoran Mas mempunyai 7 RT dengan jumlah KK yang mengikuti sebanyak 1188. Sedangkan RW 15 Kelurahan Beji mempunyai 4 RT dengan jumlah KK yang mengikuti sebanyak 626.

“Selama intervensi perhitungan Angka Bebas Jentik (ABJ) didapatkan terus meningkat, dengan nilai ABJ di Kelurahan Pancoran Mas adalah 92,42 persen dan Kelurahan Beji adalah 95,26 persen,” tambahnya.

Terakhir, dirinya mengungkapkan, Ke depannya akan dilakukan di RW lain di Kota Depok agar upaya pencegahan DBD melalui Kampung Berbatik dapat optimal. (VD01/ EVD01/EUD02)