Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Video: Beri Ruang Untuk Berkarya, Disdagin Gelar Sinergitas Komunitas IKM

EVD 01 - berita depok
Kamis, 2 November 2023, 10:20 WIB
Videos

berita.depok.go.id -  berita.depok.go.id - Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Depok menggelar acara Sinergitas Komunitas yang diikuti 10 komunitas Industri Kecil dan Menengah (IKM) binaan Pemerintah Kota (Pemkot) Depok dan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) di The Park Sawangan, Kecamatan Sawangan, 27-29 Oktober 2023.

Kepala Bidang Perindustrian Disdagin Kota Depok, Nasrudin menjelaskan, Sinergitas Komunitas sudah kali ketiga diadakan sejak tahun 2021. Kegiatan rutin tahunan ini bertujuan untuk memfasilitasi IKM menampilkan hasil produknya, serta mengeratkan kolaborasi antar IKM.

"Kegiatan ini dari IKM untuk IKM, mereka membuat acara ini semeriah mungkin dengan berbagai kegiatan di dalamnya, agar terjalin sinergitas dan kolaborasi antar mereka, saling mengenal, dan lain sebagainya," jelasnya kepada berita.depok.go.id.

Adapun komunitas IKM yang berkontribusi pada Sinergitas Komunitas yaitu Komunitas Fesyen Depok, Depok Creative Woman, Asosiasi Industri Kreatif Depok (AIKD), Ikatan Perajin dan Pecinta Batik (IPPB), dan Crafter Depok. Lalu Alianzi Kuliner Indonesia (Kul-Ind), Asosiasi Rajut Indonesia, Ikatan Pengusaha Muslim Indonesia (IPEMI), Komunitas Kreatif Rumah Belimbing, serta Salzi and Friends.

Nasrudin menuturkan, tidak hanya pameran tapi masing-masing komunitas menampilkan suatu kegiatan untuk mengenalkan IKM-nya. Seperti talk show, workshop, dan fashion show.

"kami berharap para IKM ini mendapatkan tempat di masyarakat, saya mengajak warga Depok untuk bela dan beli produk lokal minimal di lingkungan rumahnya sendiri agar mereka tetap bisa eksis," pungkasnya. (VD02-magangrafli / EVD01/ EUD03))