Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Video: 3.721 Anak di Tanah Baru Miliki KIA

EVD 01 - berita depok
Kamis, 5 Oktober 2023, 17:37 WIB
Videos

berita.depok.go.id - berita.depok.go.id - Sebanyak 3.721 anak di Kelurahan Tanah Baru, Kecamatan Beji telah mendapatkan Kartu Identitas Anak (KIA). Kartu tersebut diserahkan langsung secara simbolis oleh Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono.

Bang Imam, sapaan akrab Wakil Wali Kota Depok mengatakan, saat ini ada empat kelurahan se-Kota Depok yang sudah rampung dalam pencetakan KIA.

Dia pun terus mendorong Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) untuk merampungkan pencapaian target di 59 kelurahan lainnya.

“Kartu ini penting untuk identitas anak agar mereka mendapatkan haknya. Terlebih saat ini Kota Depok telah menjadi Kota Layak Anak (KLA),” ujarnya, usai memberikan KIA secara simbolis di Kelurahan Tanah Baru, Kecamatan Beji, Selasa (03/10/23).

Bang Imam meminta kepada seluruh pejabat wilayah termasuk RT-RW untuk segera melakukan koordinasi dengan Disdukcapil Depok dalam proses pencetakan KIA.

“Kami terus melakukan berbagai inovasi untuk mempermudah pelayanan ke masyarakat, termasuk pembuatan KIA ini," katanya.

"Kami minta masyarakat yang memiliki anak di bawah 17 tahun, melapor ke RT-RW. Kemudian, RT-RW berkoordinasi ke Disdukcapil agar proses pembuatan KIA bisa segera dilakukan,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Disdukcapil Kota Depok Nuraeni Widayatti menyatakan, saat ini pihaknya terus menggenjot pencapaian target KIA. Selama Oktober 2023, per kecamatan didorong untuk melakukan 5.000 pencetakan KIA.

“Menurut data di Disdukcapil ada sekitar 200 ribu anak di Kota Depok. Akan kami rampungkan pada tahun 2025 (pencetakan KIA)," ujarnya.

"Mudah-mudahan selesai walaupun target Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) yaitu tahun 2026,” tutupnya. (VD02/EVD01-magang)