Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Vaksin Tahap Dua, Puskesmas Mampang Sasar 450 Peserta

JD 05 - berita depok
Selasa, 2 Maret 2021, 20:15 WIB

Foto: istimewa

Salah satu peserta saat mengikuti  alur vaksinasi Covid-19 di Puskesmas Mampang, Selasa (02/03/21).

berita.depok.go.id - Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas Mampang mulai melaksanakan vaksinasi Covid-19 tahap dua. Di tahap ini, terdapat sebanyak 450 peserta yang menjadi sasaran.

Kepala UPTD Puskesmas Mampang, Iva Nur Faridah menuturkan, pihaknya mendapatkan alokasi vaksin Covid-19 dari Gudang Farmasi Kota Depok sebanyak 100 vial atau botol. Masing-masing vial dapat digunakan untuk sembilan sampai 10 perserta vaksin.

"Vaksin tahap kedua termin pertama ini kami khususkan untuk tenaga kesehatan yang tertunda 81 orang, pelayan publik 27 orang, tenaga pendidik 90 orang, dan anggota TNI di Komando Distrik Militer 0508/Depok sebanyak 252 orang," tuturnya kepada berita.depok.go.id, usai pelaksanaan vaksinasi tahap dua, Selasa (02/03/21).

Iva menjelaskan, pelaksanaan vaksinasi diadakan selama tiga hari dalam sepekan yaitu setiap Selasa, Rabu, dan Sabtu. Mulai pukul 08.30 - 11.00 WIB.

Sebelum divaksin, lanjutnya, peserta akan melewati beberapa alur. Pertama, skrining kesehatan berupa pengecekan suhu tubuh dan tekanan darah.

"Peserta juga diminta menjawab beberapa pertanyaan untuk mengindentifikasi apakah memiliki penyakit penyerta (komorbid)," tambahnya.

Iva menambahkan, setelah divaksin peserta  tidak langsung diperkenankan pulang. Peserta harus tetap berada di lokasi vaksinasi selama 30 menit untuk melihat reaksi yang timbul dalam tubuh.

"Bila tidak ada efek samping, peserta vaksin diperbolehkan pulang dan menunggu jadwal vaksin kedua," pungkasnya. (JD 05/ED 01/EUD02)