Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

UPS Kelurahan Beji Edukasi Pemilahan Sampah ke Siswa SMP

JD 08 - berita depok
Jumat, 17 Maret 2023, 19:10 WIB
Unit Pengolahan Sampah (UPS) Kelurahan Beji melakukan edukasi atau sosialisasi ke siswa SMP Muhammadiyah 1 Depok, Kelurahan Beji Timur, Kecamatan Beji, beberapa waktu lalu.

berita.depok.go.id- Sebagai upaya memperkenalkan sampah beserta manfaatnya, Unit Pengolahan Sampah (UPS) Kelurahan Beji melakukan edukasi atau sosialisasi ke siswa SMP Muhammadiyah 1 Depok, Kelurahan Beji Timur, Kecamatan Beji, beberapa waktu lalu. 

Edukasi sejak dini dilakukan agar kesadaran masyarakat bisa tumbuh, dimulai dari sekolah maupun rumah tangga.

“Kami lakukan edukasi kepada siswa agar tumbuh kesadaran akan memilah dan memanfaatkan sampah. Nantinya, kegiatan ini akan menjadi agenda rutin kami untuk menyambangi sekolah-sekolah,” ujar Koordinator UPS Kelurahan/Kecamatan Beji, Andriansyah, Jumat (17/03/23).

Dalam kegiatan ini, pihaknya menggandeng Partai Ember untuk pemberian materi. Adapun, materi yang disampaikan antara lain pengenalan jenis-jenis sampah, nilai ekonomis sampah, pengenalan Bank Sampah serta manfaat dan keuntungannya.

“Tema yang kami angkat yaitu ‘Sampah ku Sedekah ku’ dengan harapan, para siswa ini mampu memilah sampah dan memanfaatkannya sebelum dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipayung,” terangnya.

Dengan pemanfaatan sampah yang masih bisa didaur ulang, lanjutnya, diharapkan juga bisa dijual untuk menambah nilai ekonomi. Selain juga mengedukasi agar membentuk siswa menjadi mandiri.

“Mudah-mudahan apa yang disampaikan bisa diaplikasikan ke dalam kehidupan sehari-hari dan tidak menutup kemungkinan akan dilaksanakan kerjasama lanjutan,” tutupnya. (JD 08/ED 02/EUD03)