Ketua Umum KOOD memberikan sambutan saat acara halalbihalal di kediaman Wakil Wali Kota Depok, Pradi Supriatna. (Foto: Pipin/Diskominfo)

depok.go.id – Kumpulan Orang Orang Depok (KOOD) akan merayakan momen Lebaran Betawi dengan mengadakan tradisi rantangan. Silaturahmi warga lokal tersebut, bakal dihelat di lapangan terbuka Perumahan Sawangan Village, Kecamatan Sawangan pada tanggal 07 Juli 2019.

Ketua Umum KOOD, Ahmad Dahlan mengatakan, kegiatan tersebut merupakan sebagian langkah dari organisasinya untuk melestarikan kebudayaan lokal. Termasuk, menguatkan silaturahmi antar pengurus KOOD tingkat kecamatan.

Lebih lanjut, ucapnya, dalam kegiatan itu bukan hanya mengangkat budaya kebersamaan dalam tradisi rantangan. Melainkan juga memperkenalkan berbagai kesenian khas Betawi Depok, yaitu Tarian Topeng Cisalak dan Lenong.

Dikatakannya, walaupun Lebaran Betawi identik dengan warga lokal, namun KOOD juga mengundang organisasi atau paguyuban kedaerahan lain yang ada di Kota Depok. Antara lain Paguyuban Minang dan Pasundan.

“Ya, paguyuban lain pun kita undang. Silahkan menggunakan pakaian adat masing-masing. Dengan demikian, semakin memperkuat keberagaman diantara kita,” jelasnya kepada depok.go.id, belum lama ini.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Depok Pradi Supriatna mendukung adanya kegiatan tersebut. Menurutnya, dengan mengelar tradisi rantangan atau makan bersama menggunakan rantang, dapat menjadi upaya merekatkan persaudaraan sesama warga.

“Karena kita sejatinya adalah saudara, berbeda-beda suku namun dipersatukan oleh ikatan yang sama sebagai warga negara Indonesia,” pungkasnya.

Penulis: Pipin Nurullah

Editor: Retno Yulianti

Diskominfo

YOUR REACTION?