Sistem Informasi Ruang Publik Berbasis Digital Juarai Kategori Pelajar di DIW 2019

Muhammad Fajrussalam juara pertama kategori pelajar saat diberikan hadiah oleh Wali Kota Depok, Mohammad Idris. (Foto: Bima/Diskominfo)

Muhammad Fajrussalam tidak menyangka inovasi besutannya yang bertajuk Sistem Informasi Ruang Publik (Sirup) berhasil meraih juara pertama kategori pelajar di ajang Depok Innovation Week (DIW) 2019. Sirup merupakan sistem informasi berbasis digital untuk mengakses penggunaan ruang publik dengan membangun keterlibatan masyarakat.

Menurut Fajrus, pihaknya menciptakan Sirup agar terintegrasi dengan ruang publik yang ada di Depok. Mulai dari Ruang Terbuka Hijau (RTH), ataupun yang berada di dalam ruangan.

“Saat ini permintaan masyarakat sangat tinggi terhadap akses ruang publik, terlebih Pemerintah Kota (Pemkot) Depok juga sudah banyak menyediakan ruang publik ditambah dengan adanya satu kelurahan satu taman,” jelas Fajrus kepada depok.go.id, usai menerima hadiah yang diserahkan oleh Wali Kota Depok, Mohammad Idris, belum lama ini.

Lebih lanjut, ada sejumlah fitur dalam Sirup. Antara lain space search dimana pengguna dapat melakukan pencarian ruang publik berdasarkan nama atau filter lainnya, baik wilayah lokasi, kategori indoor atau outdoor, maupun kapasitas ruang yang tersedia. Kemudian fitur space news yang berisi informasi acara-acara di ruang publik.

“Fitur space info ini seputar informasi mengenai ruang publik seperti lokasi, foto-foto, kapasitas. Serta ada pula space booking dimana masyarakat yang ingin booking untuk peminjaman ruang publik bisa menggunakan fitur tersebut, berbagai berkas keperluan administrasi bisa diunggah dan dilampirkan di sini,” terangnya.

Dirinya berharap, aplikasi Sirup bisa terintegrasi dengan Depok Single Window (DSW) yang sudah dimiliki Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok. Dengan terintegrasi, masyarakat Depok bisa mengkses Sirup ini lebih mudah.

“Untuk hadiah Rp 25 juta yang kami dapat belum ada rencana dimanfaatkan apa. Mudah-mudahan bisa untuk pengembangan aplikasi ini,” tandasnya.

Penulis: Nurul Hasanah

Editor: Retno Yulianti

Diskominfo

YOUR REACTION?