Sidak KTR Sasar Tempat Kerja dan Umum

Dinkes dan Satpol PP Kota Depok saat melakukan sidak di tempat kerja. (Foto: Istimewa)

 

 Dinas Kesehatan (Dinkes) bersama Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol) PP Kota Depok terus berupaya menggalakkan Peraturan Daerah (Perda) Kota Depok Nomor 3 tahun 2014 tentang Kawasan Tanpa Rokok (KTR). Kali ini, dua perangkat daerah tersebut melakukan sidak ke sejumlah tempat kerja dan umum di Kota Depok.

 

 

Kepala Dinkes Kota Depok, Novarita mengatakan, pihaknya bersama tim rutin melakukan sidak ke sejumlah tempat yang menjadi kawasan tanpa rokok. Tentu hal itu agar masyarakat tahu dan mematuhi aturan yang berlaku terkait KTR.

 

“Ini sudah kami lakukan ke sejumlah tempat, sebelumnya ke tempat umum dan pengusaha retail yang menjual rokok,” tuturnya kepada depok.go.id, Rabu (16/10/2019).

 

Dikatakannya, sidak kali ini dilakukan selama dua hari. Adapun lokasinya di seluruh kelurahan di Kota Depok, dengan mendatangin tempat kerja dan tempat umum.

 

Lebih lanjut, ucapnya, pihaknya akan rutin menggelar sidak KTR sebulan sekali. Tidak hanya menyasar tempat umum, namun semua wilayah yang masuk dalam KTR, meliputi tempat kerja, tempat ibadah, tempat bermain anak, angkutan umum, tempat proses belajar mengajar, dan sarana kesehatan.

 

 

“Semoga semua pihak dapat mentaati aturan KTR agar memberi rasa nyaman kepada masyarakat. Ke depan kami juga akan menindaklanjuti sidak KTR ke tahap Penegakan Tindak Pidana Ringan (Tipiring). Diharapkan bisa menjadi pelajaran untuk semua dalam upaya promotif preventif untuk pembangunan kesehatan di Depok,” tandasnya.

 

 

 

Penulis : Indri Purnama

 

Editor : Retno Yulianti

 

Diskominfo

YOUR REACTION?