Ini Syarat Pembuatan KIS PBI APBD di Depok

Suasana loket pelayanan Dinas Sosial Kota Depok. ( Foto: Janet/Diskominfo)

Dinas Sosial (Dinsos) Kota Depok  melayani rekomendasi pembuatan Kartu Indonesia Sehat (KIS) yang dibiayai dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Depok. Untuk melakukan permohonan tersebut, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi.

Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinsos Kota Depok, Tri Redjeki Handayani mengatakan, pelayanan KIS Penerima Bantuan Iuran (PBI) APBD diperuntukkan bagi masyarakat prasejahtera. Menurutnya, masyarakat dapat mengurus pembuatan reomendasi KIS PBI APBD di kelurahan yang telah ada Pusat Kesejahteraan Sosial (Puskesos) atau pun langsung ke loket pelayanan Dinas Sosial di Dibaleka 2 Lantai 1.

“Saat ini ada 2 jalur pembuatan rekomendasi KIS PBI yakni, tanpa verifikasi jika pemohon sudah masuk ke data terpadu. Jika belum, pemohon harus diverifikasi dahulu oleh petugas Sistem Layanan dan Rujukan Terpadu (SLRT),” ujarnya.

Dikatakannya, ada 9 persyaratan pembuatan rekomendasi KIS PBI. Pertama, membuat Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari kelurahan yang ditujukan untuk membuat KIS APBD. Kedua, fotokopi Kartu Keluarga (KK). Ketiga, fotokopi e-KTP suami dan istri, ditambah kartu KIS yang ada dan dijadikan 1 lembar.

Lebih lanjut, syarat keempat kepala keluarga harus membuat surat pernyataan prasejahtera yang bermeterai 6000. Kelima, tim Dinsos Depok akan melakukan verifikasi. Dalam proses ini tidak dapat diwakili, kecuali lansia dan penyandang disabilitas.

“Syarat keenam, pemohon harus melampirkan fotokopi semua jenis kartu seperti KIS/KKS/KIP/PKH/SJB Bansos. Syarat ketujuh, semua berkas harus dibuat rangkap 3. Syarat kedelapan, berkas tidak boleh ada coretan dan kotor. Sedangkan yang terakhir untuk penambahan KIS anak, harus melampirkan Akta Kelahiran dan untuk di atas 17 tahun harus melampirkan e-KTP,” jelasnya.

Dirinya menambahkan, loket pelayanan Dinsos buka pukul 08.00- 15.00 WIB. Setiap harinya Dinsos melayani kurang lebih 50 pemohon KIS PBI APBD.

“Dinsos Depok memiliki 50 petugas SLRT. Rekomendasi KIS PBI APBD akan diserahkan ke Dinas Kesehatan, nanti kartu KIS-nya akan didistribusikan ke Puskesmas masing-masing,” tutupnya.

Penulis : Janet Swastika
Editor : Dunih
Diskominfo

YOUR REACTION?