Diskominfo Depok Optimalkan Sistem Pelayanan Kesehatan Berbasis Online

Kepala Diskominfo Kota Depok, Sidik Mulyono saat berkunjung ke RSUD Depok, Senin (07/10/2019). (Foto: Nurul/Diskominfo)

Pemerintah Kota (Pemkot) Depok akan terus mengoptimalkan sistem pelayanan kesehatan berbasis online. Langkah tersebut dilakukan demi mendukung program unggulan Depok yaitu Smart Healthy City.

“Pemerintah Kota melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok berupaya menata sistem pelayanan kesehatan yang terintegrasi secara online lewat kecanggihan Teknologi Informasi (TI),” tutur Kepala Diskominfo, Sidik Mulyono usai mengunjungi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Depok, Kecamatan Sawangan, Senin (07/10/2019).

Dikatakannya, optimalisasi sistem pelayanan kesehatan ini dilakukan demi mempermudah pasien mendapatkan rujukan dari fasilitas kesehatan tingkat pertama yakni Puskesmas ke RSUD Kota Depok. “Jadi kami membuat sistem berbasis online untuk memverifikasi pasien sejak dari Puskesmas. Dengan sistem tersebut bisa memangkas waktu verifikasi pasien di RSUD Depok,” jelasnya.

Sidik menjelaskan, setelah dilakukan verifikasi online di Puskesmas, pasien yang datang ke RSUD Depok bisa memiliki kepastian waktu saat melakukan pelayanan kesehatan. Pasien tidak perlu membawa dokumen rujukan karena sudah terintegrasi dan terdaftar secara online di Puskesmas.

“Jadi pasien datang ke RSUD Depok tinggal finger print dan tanda tangan saja, sehingga tidak ada waktu tunggu saat mendaftar di rumah sakit daerah ini,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Direktur RSUD Kota Depok, Asloe’ah Madjri menyambut baik gagasan yang disampaikan Kepala Diskominfo Depok, Sidik Mulyono. Menurutnya, dengan ide tersebut akan semakin menambah kenyamanan dan peningkatan pelayanan di RSUD Depok.

“Kami sambut baik dan berharap bisa kolaborasi dengan Diskominfo dalam mewujudkan Smart Healthy City di Kota Depok,” tandasnya.

Penulis: Nurul Hasanah
Editor: Retno Yulianti
Diskominfo

YOUR REACTION?