Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Ular Sanca Sepanjang Tiga Meter Diamankan Damkar Depok di Pondok Rajeg

JD10 - berita depok
Jumat, 23 September 2022, 13:18 WIB


berita.depok.go.id - Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan Kota Depok berhasil mengamankan seekor ular sanca yang masuk ke pemukiman warga di Jalan Ciliwung Gang H Riman, RT 02 RW 04, Kelurahan Pondok Rajeg, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor, kemarin (22/09). Ular yang dievakuasi jenis sanca dengan panjang mencapai tiga meter.


Kepala Bidang Pengendalian Operasional Kebakaran dan Penyelamatan, Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Depok, Welman Naipospos mengatakan, pihaknya menerima laporan pada pukul 13.10 WIB , kemudian berangkat ke lokasi pukul 13.13 WIB. Berkat kesigapan tim yang bertugas, ular tersebut berhasil dievakuasi pukul 13.40 WIB.


“Kami melakukan evakuasi ular di wilayah tersebut karena warga datang melapor ke Markas Komando (MAKO) di Grand Depok City (GDC). Sehingga kami menerjunkan satu unit mobil komando dengan jumlah personel sebanyak 4 orang," katanya kepada berita.depok.go.id, Jumat (23/09/22).


Dirinya menuturkan, dalam melakukan evakuasi ular tersebut, pihaknya menggunakan sejumlah peralatan.  Seperti grab stick, sarung tangan, pelindung mata, helm, dan senter.


Terakhir, Welman berpesan kepada warga jika menemukan ular di sekitar rumah atau lingkungannya agar jangan diganggu atau mencoba menangkap sendiri. Apalagi kalau tidak memiliki keahlian untuk mengatasi ular.


"Jika tidak memiliki keahlian menangkap ular itu bisa membahayakan diri sendiri. Segera menghubungi Nomor Tunggal Panggilan Darurat (NTPD) 112 atau melalui nomor UPT Damkar setempat," ucapnya.


"Kami juga melayani laporan dari warga yang berasal dari luar Depok, selama itu dekat dari kantor UPT Damkar setempat," tandasnya. (JD 10/ED 01/EUD02)