Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Tubuh Tetap Sehat, Yuk Bijak Memilih Makanan Saat Mudik

JD 02 - berita depok
Rabu, 3 April 2024, 13:22 WIB
Ilustrasi mudik. (Foto diambil dari website https://ayosehat.kemkes.go.id/)

berita.depok.go.id - Mudik Lebaran menjadi momen yang paling ditunggu hampir seluruh masyarakat di Indonesia. Saat mudik, ada sejumlah hal yang harus diperhatikan agar aman saat berada diperjalanan. 

Jadi, sudah siapkah untuk mudik lebaran? Yuk bijak untuk memilih makanan saat mudik agar tubuh tetap sehat dan aman.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Dinkes Kota Depok, Zakiah membagikan sejumlah tips agar tubuh tetap sehat dan aman saat mudik Lebaran. Pertama, membawa bekal dari rumah untuk menjaga kebersihan dan rasa makanan.

“Pastikan bekal dari rumah dan memilih tempat makan yang bersih dan hygiene demi menjaga kesehatan tubuh,” tuturnya kepada berita.depok.go.id, Rabu (04/03/24).

Tips kedua, menghindari minuman beralkohol. Kemudian, yang ketiga dengan menghindari konsumsi makanan pedas dan asam yang dapat mengganggu pencernaan selama perjalanan mudik.

Zakiah menjelaskan, tips keempat yang harus diperhatikan saat mudik dengan memperbanyak konsumsi buah dan sayur. Kelima, dengan membawa makanan kering secukupnya dan memperhatikan tanggal kadaluarsa.

“Tips keenam, menghindari membawa makanan yang mengandung santan, telur, susu, dan berkadar air tinggi. Bila membawa pastikan habis dalam waktu kurang dari empat jam setelah matang,” tambahnya.

“Terakhir, jangan lupa Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) sebelum mengonsumsi makanan. Sehingga perjalanan akan aman dan tubuh tetap sehat serta terbebas dari kuman,” tutupnya. (JD 02/ ED 01).