Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Tuai Respon Positif, Pelatihan Service AC oleh Kelurahan Pangkalan Jati Baru Diharapkan Berlanjut

JD10 - berita depok
Jumat, 28 Juni 2024, 7:04 WIB
Salah satu peserta pelatihan servis AC saat mengikuti praktik langsung memperbaiki mesin AC. (Foto : JD01//Diskominfo Depok)

berita.depok.go.id - Pelatihan servis AC yang digelar Kelurahan Pangkalan Jati Baru memberikan kesan positif bagi para peserta. Dimana mereka mendapatkan ilmu dan keterampilan baru yang bisa dimanfaatkan untuk menambah perekonomian keluarga.

Seperti yang disampaikan oleh Izan Zam Zami, warga RW 12 ini mengaku mendapatkan banyak pelajaran dari mengikuti pelatihan. Mulai dari jenis-jenis AC yang banyak digunakan saat ini, cara kerja AC, peralatan kerja serta selain itu terkait keselamatan dan kesehatan kerja (K3), karena pekerjaan ini berkaitan dengan sistem kelistrikan.

"Dalam pelatihan yang diadakan selama tujuh hari ini kami juga melakukan praktik langsung untuk perawatan AC dengan mengunakan peralatan yang professional," ujarnya kepada berita.depok.id, Jumat (27/06/24).

Usai mengikuti rangkaian pelatihan, dirinya bersama peserta yang lain juga  mengikuti uji kompetensi untuk mendapatkan sertifikat resmi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) yang diakui secara nasional. Sertifikat tersebut sebagai tanda bahwa dirinya sudah kompeten di bidang tersebut dan bisa juga digunakan untuk lampiran saat melamar pekerjaan.

"Saat uji kompetensi saya melakukan pengecekan mulai dari arus dan tekanan pada AC, mencuci AC dengan teknik yang sudah diberikan saat pelatihan sesuai standar operasional prosedur yang berlaku," ujarnya. 

Hal senada juga diungkapkan oleh Gunadi, warga RW 06. Dengan mengikuti pelatihan ini, dirinya kini jadi memiliki keahlian dasar untuk memperbaiki AC yang bisa dimanfaatkan untuk membuka usaha di lingkungan tempat tinggalnya. 

Ia juga berharap pelatihan ini bisa terus berjalan untuk warga yang belum dapat kesempatan ikut di tahun ini. Sebab, kegiatan ini memiliki banyak manfaat bagi masyarakat. 

"Kegiatan ini bermanfaat sekali buat kami terutama yang belum memiliki pekerjaan tetap," tutupnya.

Sebelumnya, puluhan warga Kelurahan Pangkalan Jati Baru, Kecamatan Cinere diberikan pelatihan servis AC selama tujuh hari, mulai 19 hingga 26 Juni 2024. (JD10/ ED 01).