Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Toleransi di Hari Raya Idulfitri, Tokoh Lintas Agama Kunjungi Rumah Wali Kota Depok

JD 03 - berita depok
Kamis, 11 April 2024, 9:21 WIB
Para Pastor Dekanat Utara, Frater, Suster, dan Dewan Pastoral Paroki Santo Thomas saat hadir pada open house Idulfitri di kediaman Wali Kota Depok, Mohammad Idris, Rabu (10/04/24). (Foto: Diskominfo Depok).

berita.depok.go.id - Perwakilan umat Kristiani turut hadir dalam acara open house perayaan Idulfitri di kediaman Wali Kota Depok, Mohammad Idris, Rabu (10/04/24). 

Kehadiran mereka untuk mempererat tali silaturahmi dan memperkuat semangat keberagaman yang telah lama menjadi ciri khas masyarakat Depok.

Ketua Majelis Umat Kristen Indonesia (MUKI) kota Depok, Daniel Purba menyampaikan bahwa kehadirannya di acara tersebut adalah bagian dari upaya untuk terus menjalin kerjasama dan harmoni antar umat beragama. 

"Setiap tahun kami datang ke sini, dan Pak Wali selalu menyambut kami dengan baik. Hubungan kami baik dengan pemerintah dan organisasi MUKI juga terjalin dengan baik. Menurut kami, kehadiran kami di sini adalah hal yang baik dan berarti," katanya kepada berita.depok.go.id. 

Lebih lanjut, Pendeta Daniel Purba menegaskan pentingnya untuk terus membangun kerjasama yang didasarkan pada persamaan dan sinergi, meskipun perbedaan pasti ada. 

"Kami terus menjalin kerjasama, bukan hanya menonjolkan perbedaan, tetapi juga menghargai persamaan yang ada. Dengan demikian, kami dapat terus berkontribusi secara positif di Kota Depok," tambahnya.

Sementara itu, Pastor Dekan Dekanat Utara, Augustinus Hardono, yang mewakili gereja Katolik di Depok, menyampaikan bahwa kunjungan mereka dalam perayaan Idulfitri adalah bagian dari tradisi yang telah lama terjalin. 

"Setiap kali Idulfitri, kami menjalin silaturahmi melalui kunjungan ini. Kami mengunjungi berbagai tempat, termasuk kediaman Wali Kota, sebagai bentuk kebersamaan dan toleransi antar umat beragama," ungkapnya. 

Ia juga menyampaikan harapan agar perayaan Idulfitri ini dapat menjadi momentum untuk semakin memperkuat persatuan, toleransi, dan saling membantu di tengah keberagaman masyarakat Depok. 

"Kami berdoa agar Indonesia, khususnya warga Kota Depok, dapat terus menjaga kebersamaan dalam toleransi dan keberagaman, serta diberikan rahmat dan keberkahan dalam segala hal," tuturnya. 

"Kami merasa aman, tentram, dan berharap agar segala sesuatunya terus berjalan dengan baik," sambungnya.

Terakhir, mewakili para Pastor Dekanat Utara, Frater, Suster, dan Dewan Pastoral Paroki Santo Thomas dirinya berharap semangat silaturahmi dan keberagaman dapat terus terjaga. 

"Harapan kami Kota Depok tetap menjadi tempat yang harmonis, damai dan sejahtera bagi semua warganya,"tutupnya. (JD 03/ ED 01).