Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Tingkatkan Wawasan Personel, Dishub Depok Gelar Bimtek Orientasi LLAJ

JD09 - berita depok
Rabu, 29 November 2023, 16:02 WIB

berita.depok.go.id - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok menggelar bimbingan teknis (bimtek) Orientasi Lalu Lintas Angkutan Jalan (LLAJ) di Kinasih Resort, Kecamatan Tapos, Rabu (29/11/23).

Bimtek tersebut diikuti oleh 140 Pegawai Kontrak Tidak Tetap (PKTT) Bidang Bimbingan Keselamatan dan Ketertiban (Bimkestib) dari Dishub Depok.

Kepala Bidang (Kabid) Bimkestib, Dishub Kota Depok, Ari Manggala mengatakan, peserta bimtek terdiri dari petugas penjagaan dan pengaturan, petugas parkir dan petugas pengawalan. Tujuannya, meningkatkan wawasan mereka dalam hal pengawasan pengaturan, disiplin dan pengetahuan tentang dasar-dasar peratutan perundang-unsangan LLAJ.

"Lalu juga Peraturan Daerah (Perda) Nomor 2 Tahun 2012 dan Nomor 1 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Bidang Perhubungan," tutur Ari Manggala kepada berita.depok.go.id, di sela-sela bimtek tersebut.

Terdapat tiga sesi materi yang disampaikan. Pertama dari Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Metro Depok yang menyampaikan wawasan pengaturan berlalu lintas, jenis-jenis pelanggaran yang ada di lapangan, hingga cara petugas bersikap saat melakukan pengaturan lalu lintas. 

Materi kedua dari Dishub Depok yaitu tentang tugas pokok dan fungsi (tupoksi) Dishub Depok, pendelegasian urusan perhubungan dan Bimkestib. Terakhir, materi Kesamaptaan dan Peraturan Baris-berbaris (PBB) yang akan disampaikan rekan-rekan dari Divisi Infantri 1/Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad) Cilodong.

Lewat bimtek ini, diharapkan rekan-rekan peserta bertambah wawasannya tentang pengaturan lalu lintas. Bukan hanya bertugas hadir sesuai waktu dari pukul 05.30 - 21.00 WIB.

"Harapannya, mereka juga mengerti apa yang harus dilakukan di lapangan, wawasannya tentang lalu lintas, dan perparkiran bila mereka bersentuhan dengan masyarakat," tutup Ari Manggala. (JD09/ED 02)