Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Tingkatkan Kualitas, Tim Bunda PAUD Kota Depok Adakan Monev di Kecamatan Cimanggis

JD09 - berita depok
Kamis, 1 Desember 2022, 20:54 WIB
Ketua Pokja Bunda Paud Kota Depok, Etty Maryati Salim memberikan sambutan pada Monev Bunda Paud Kecamatan Cimanggis di Aula Kecamatan Cimanggis, Kamis (01/12/22). (Foto : Istimewa).

berita.depok.go.id - Sebagai upaya peningkatan kualitas institusi Satuan Pengembangan Anak Usia Dini (PAUD), Kelompok Kerja (Pokja) Bunda PAUD Kota Depok menggelar kegiatan Monitoring dan Evaluasi (Monev) Pendampingan PAUD di Kecamatan Cimanggis, Kamis (01/11/22).

Kecamatan Cimanggis menjadi titik ke delapan yang dikunjungi dari 11 kecamatan yang ada di Kota Depok.

Ketua Pokja Bunda Paud Kota Depok, Etty Maryati Salim mengatakan, Monev Bunda Paud merupakan kegiatan rutin tahunan yang berfokus pada cakupan layanan pendidikan, kesehatan, gizi, perawatan dan pengasuhan. Serta perlindungan dan kesejahteraan untuk menjadikan kebijakan dalam pengembangan PAUD.

"Monev ini tujuannya adalah membantu Pokja Bunda PAUD Kecamatan dalam membuat kebijakan, memberi dukungan kegiatan dan lain-lain," tuturnya kepada berita.depok.go.id, usai kegiatan.

Perempuan yang kerap disapa Umi Etty itu melanjutkan, dalam monev juga terdapat penguatan kolaborasi dengan Dinas Pendidikan (Disdik), Dinas Kesehatan (Dinkes) dan Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Depok. Menurutnya, kolaborasi ini akan menjadikan Pokja Bunda PAUD ke depan semakin kuat dan solid.

"Tanpa dukungan Perangkat Daerah (PD) terkait, kami tidak bisa menjalankan program-program ini secara maksimal," ungkapnya.

Tidak hanya dukungan PD, sambung dia, pihaknya juga membutuhkan dukungan dari akademisi, lembaga-lembaga hukum, masyarakat, tokoh masyarakat. Yang utama adalah dukungan para orang tua yang menyekolahkan anaknya di tingkat PAUD.

Dikatakannya, dukungan tersebut sangat penting, terlebih pihaknya mempunyai sejumlah program unggulan. Seperti, program zero stunting, peningkatan APK atau Angka Partisipasi Kasar.

"Lalu ada layanan PAUD Holistik Integratif (HI) dan persiapan sekolah dari PAUD ke tingkat SD," tutup Umi Etty (JD09/ED02/EUD02)