Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Tingkatkan Kualitas Hidup, Kalibaru Luncurkan Sekolah Lansia Sehati

JD 05 - berita depok
Rabu, 28 Februari 2024, 17:07 WIB
Foto: Dokumentasi Kelurahan Kalibaru. Peluncuran Sekolah Lansia Sehati di Kebon Jati RT 02 RW 06 Kelurahan Kalibaru, Kecamatan Cilodong, Rabu (28/02/24).

berita.depok.go.id – Sekolah Lansia Sehati yang berlokasi di RT 02 RW 06 Kelurahan Kalibaru, Kecamatan Cilodong resmi diluncurkan demi mendukung peningkatan kualitas hidup kelompok lanjut usia (lansia).

Peresmin sekolah tersebut dilakukan oleh Camat Cilodong, Zaenal Arifin pada, Rabu (28/02/24).

Lurah Kalibaru, Nayadih menjelaskan, Sekolah Lansia Sehati merupakan sekolah lansia pertama di wilayahnya. Sebanyak 70 lansia yang berusia di atas 57 tahun tercatat sebagai siswa di sekolah tersebut.

“Dengan adanya Sekolah Lansia Sehati dapat meningkatkan kualitas hidup lansia untuk menjadi lebih mandiri, tangguh, sejahtera, dan bermartabat,” jelasnya kepada berita.depok.go.id, usai acara tersebut.

Dikatakannya, proses kegiatan belajar mengajar (KBM) dilakukan setiap satu bulan sekali selama 12 kali pertemuan dalam setahun.

Dimana dalam kegiatan itu, lansia belajar berbagai hal dalam upaya meningkatkan kualitas hidupnya melalui program kebugaran, pemahaman, perilaku hidup sehat, mengembangkan dimensi fisik, intelektual, emosional, sosial, spiritual, vokasional, dan lingkungan.

“Dilakukan juga penimbangan badan, pengukuran lingkar perut, tensi, cek darah, senam dan lainnya,” papar Nayadih.

“Alhamdulillah semua kader terlibat di dalam sekolah lansia ini, mulai dari penyisiran untuk mencari siswa dan pelaksanaannya, kami ucapkan terima kasih atas kontribusinya,” tandas Nayadih. (JD 05/ED 02)