Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Tingkatkan Kepatuhan LKPM, DPMPTSP Gelar Bimtek Pengendalian Pelaksanaan Penanaman Modal

JD 08 - berita depok
Rabu, 17 Mei 2023, 20:03 WIB
Kepala Bidang Penanaman Modal DPMPTSP Kota Depok Zarkasih saat memberikan sambutan dalam kegiatan Bimtek Pengendalian Pelaksanaan Penanaman Modal, di Ballroom The Margo Hotel, Rabu (17/05/23).

berita.depok.go.id - Sebagai upaya meningkatkan kepatuhan terhadap Laporan Kegiatan Penanaman Modal (LKPM) pada pengusaha, Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Depok menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengendalian Pelaksanaan Penanaman Modal.

Kegiatan diikuti oleh 30 perusahaan industri besar di Kota Depok dengan modal di atas Rp 500 juta.

Kepala Bidang Penanaman Modal DPMPTSP Kota Depok Zarkasih mengatakan, selain untuk meningkatkan kepatuhan LKPM, Bimtek ini dilaksanakan untuk melihat sejauh apa kendala yang dialami pengusaha dalam melakukan pelaporan. Mengingat, sejak Juni 2022 penyelenggaraan perizinan berusaha sudah berbasis risiko, melalui Sistem Online Single Submission Risk Based Approach (OSS-RBA).

“Semenjak sistem OSS-RBA diterapkan, banyak pengusaha yang masih bingung dan belum melaporkan jenis maupun hasil usaha mereka. Melalui Bimtek ini, kendala-kendala tersebut bisa di atasi karena kami mengundang narasumber yang ahli dibidangnya,” ujarnya, usai kegiatan Bimtek Pengendalian Pelaksanaan Penanaman Modal, di Ballroom The Margo Hotel, Rabu (17/05/23).

Dikatakannya, DPMPTSP rutin melakukan pengawasan terhadap perusahaan di Kota Depok. Hal ini salah satunya untuk meningkatkan kepatuhan LKPM, dalam rangka meningkatkan realisasi nilai investasi Kota Depok.

“Perusahaan itu melaporkan kegiatan berusaha setiap tiga bulan sekali. Baik dari perusahaan yang masih tahap konstruksi maupun tahap produksi, nilainya semua dilaporkan," ujarnya.

"Harapannya, dengan perusahaan melaporkan, akan meningkatkan nilai investasi di Kota Depok, sehingga dapat mencapai target,” pungkasnya. (JD 08/ED 02/EUD04)