Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Tarling di Cilodong, Bang Imam Sampaikan Program Unggulan Pemkot Depok

JD 05 - berita depok
Sabtu, 23 Maret 2024, 16:26 WIB
Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono saat memberikan sambutan pada acara Tarawih Keliling tingkat kota di Masjid Jami' Al Hidayah RW 06 Kelurahan Sukamaju, Kecamatan Cilodong, Jumat (22/03/24). (Foto: JD 01/Diskominfo Depok).

berita.depok.go.id - Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono menyampaikan sejumlah program unggulan yang dimiliki Pemerintah Kota (Pemkot) Depok kepada jamaah Masjid Jami' Al Hidayah RW 06 Kelurahan Sukamaju, Kecamatan Cilodong, Jumat (22/03/24) malam. 

Hal itu disampaikannya bertepatan dengan momen program Tarawih Keliling (Tarling) yang diadakan Pemkot Depok selama Ramadan 1445 Hijriah. 

Program pertama yang disampaikan ialah penciptaan 5.000 Wirausaha Baru dan 1.000 Perempuan Pengusaha. 

Dimana tahun ini ada kuota 1.800 yang dapat diikuti oleh anak muda sampai dewasa, khususnya perempuan.

"Kami berikan lima hal, pelatihan, pendampingan, perizinan, pemasaran dan permodalan. Bagi anak muda dan ibu yang ingin ikut gratis, diberi ongkos, dibimbing sampai jadi pengusaha," jelasnya dalam acara tersebut.

Program kedua adalah Kartu Depok Sejahtera (KDS) dengan tujuh layanan manfaat. Di antaranya, pemberian beasiswa untuk pelajar swasta jenjang SD Rp2 juta , SMP Rp3 juta dan SMA Rp2 juta.

"Tapi syarat dan ketentuan berlaku, hanya warga pra sejahtera. Sampai saat ini sudah sekitar 20 ribu pelajar menerima bantuan setiap tahunnya" papar Bang Imam sapaan akrab Wakil Wali Kota Depok.

Kemudian layanan KDS lainnya adalah Santunan Kematian (Sankem). Lalu renovasi Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) dengan besaran bantuannya Rp23 juta per unit.

"Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) juga punya program mengajak anak lulusan SMA maksimum usia 23 tahun magang ke Jepang dengan gaji Rp15-20 juta per bulan," tuturnya.

"Kalau mau silakan datang ke kantor Disnaker, dari kuota 100 baru 27 orang yang daftar," tandas Bang Imam.

Selain pemaparan program, Wakil Wali Kota Depok, Pemkot Depok, Majelis Ulama Indonesia (MUI), Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) dan BPJS Ketenagakerjaan Kota Depok juga memberikan sejumlah bantuan.

Bantuan berupa dana operasional kepada Dewan Kemakmuran Masjid (DKM), paket sembako untuk guru ngaji dan jaminan ketenagakerjaan untuk marbot Masjid. (JD 05/ ED 01).