Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Tanamkan Perilaku Peduli Lingkungan, DLHK Sambangi SMK Citra Negara

JD 08 - berita depok
Rabu, 28 Februari 2024, 19:36 WIB
Sosialisasi pemilahan sampah oleh DLHK bersama Unit Pengolahan Sampah (UPS) Kecamatan Beji di SMK Citra Negara, Beji, Rabu (28/02/24). (Foto:Dok.UPS Kecamatan Beji)

berita.depok.go.id - Upaya menanamkan perilaku peduli lingkungan terus dilakukan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok. Seperti sosialisasi yang dilakukan DLHK bersama Unit Pengolahan Sampah (UPS) Kecamatan Beji di SMK Citra Negara, Beji.

Edukasi sejak dini dilakukan agar kesadaran masyarakat bisa tumbuh, dimulai dari sekolah maupun rumah tangga.

"Sekolah diharapkan bisa menerapkan perilaku gerakan peduli dan berbudaya lingkungan di sekolah. Tentunya dengan melakukan pengelolaan sampah melalui kegiatan memilah sampah," ujar Penyuluh Lingkungan pada Seksi Pengurangan Sampah dan Mitra Lingkungan DLHK Kota Depok Aldi Nurpratama, usai memberikan penyuluhan di SMK Citra Negara, Rabu (28/02/24) pagi.

Dikatakannya, pembentukan bank sampah di sekolah juga dirasa perlu agar menumbuhkan kepedulian terhadap lingkungan.

"Dengan pemanfaatan sampah yang masih bisa didaur ulang, diharapkan juga bisa dijual untuk menambah nilai ekonomi. Selain itu, kegiatan ini bisa membentuk siswa menjadi mandiri," katanya.

“Mudah-mudahan apa yang disampaikan bisa diaplikasikan ke dalam kehidupan sehari-hari," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Citra Negara Nurida Puspitasari menyambut baik kegiatan edukasi yang digagas DLHK Kota Depok. 

Menurutnya, kepedulian terhadap lingkungan perlu ditanamkan sejak dini, agar membentuk perilaku dan kepribadian yang bertanggung jawab.

"Cinta terhadap bumi perlu diungkapkan dengan implementasi budaya karakter cinta lingkungan sekolah dan sekitarnya. Sebagai tanggung jawab dan amanah bersama," katanya.

"Mudah-mudahan tumbuh kesadaran menjaga bumi di dalam diri anak-anak (siswa)," tutupnya. (JD 08/ED 02)