Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Tampilkan Budaya Depok, Perhelatan Lebaran Kukusan Tuai Banyak Pujian

JD 08 - berita depok
Sabtu, 20 April 2024, 14:54 WIB
Devile pawai rantangan RW 04 dalam rangkaian kegiatan Lebaran Kukusan, di wilayah Kukusan, Beji, Sabtu (20/04/23). (Foto: Diskominfo Depok)

berita.depok.go.id - Perhelatan Lebaran Kukusan tahun 2024 mendapat banyak pujian dari banyak pihak. Terlebih, kegiatan ini mengangkat sisi budaya yang memang sebelumnya kerap dilakukan warga Depok.

Seperti yang disampaikan oleh Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono yang menyebut, kegiatan ini merupakan upaya pelestarian budaya agar dikenal oleh seluruh masyarakat. Serta diharapkan dapat diteruskan oleh generasi selanjutnya. 

"Luar biasa antusias warga. Budaya ini nantinya bisa dilanjutkan ke generasi penerus. Baik kegiatan rantangan, nganam ketupat, sebar duit atau bagi-bagi duit dan lain sebagainya," ujarnya, disela kegiatan Lebaran Kukusan di Lapangan Kukusan, Kecamatan Beji, Sabtu (20/04/24).

Bang Imam, sapaan akrabnya menyebut, di Lebaran Kukusan ini berbagai tradisi disatukan dan perkenalkan kepada masyarakat luas. Bahwa Depok memiliki tradisi-tradisi sebelumnya dan menjadi kebiasaan dalam menyambut lebaran.

"Mudah-mudahan kegiatan Lebaran Kukusan ini mampu meningkatkan kecintaan kita terhadap budaya yang ada di Depok. Karena pada dasarnya budaya harus diwariskan dari generasi ke generasi," ungkapnya.

Ditempat yang sama, Wakil Wali Kota Depok Periode 2016-2021, Pradi Supriatna juga mengutarakan hal yang sama. Ia mengapresiasi peran pemuda Kukusan yang menginisiasi kegiatan ini. 

"Anak muda kita sangat kreatif. Terlihat dari kegiatan tahun ke tahun yang mengalami peningkatan," ungkapnya. 

"Tahun ini lebih meriah, konsepnya juga matang. Mudah-mudahan ke depan bisa lebih bagus lagi," tutup warga yang juga tokoh masyarakat RT 03 RW 04 Kelurahan Kukusan, Beji. (JD 08/ ED 01).