Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Tahun Ini, Pembangunan IPAL Komunal Sasar Pondok Pesantren

JD 05 - berita depok
Senin, 5 Oktober 2020, 15:46 WIB

Proses pembangunan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Komunal di Ponpes Assalamah Kelurahan Bojong Pondok Terong, Kecamatan Cipayung. (Foto: istimewa).

berita.depok.go.id – Dinas Perumahan dan Permukiman (Disrumkim) Kota Depok tengah fokus membangun Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Komunal di fasilitas pendidikan. Tahun  ini yang menjadi sasaran yaitu Pondok Pesantren (Ponpes) Darussalam Kelurahan Cilangkap dan Ponpes Assalamah Kelurahan Bojong Pondok Terong.

“Pengerjaan pembangunan masing-masing IPAL Komunal telah selesai 90 persen. Diperkirakan awal Desember ini sudah dapat dimanfaatkan semuanya,” tutur Kepala Bidang Permukiman, Disrumkim Kota Depok  Sukanda kepada berita.depok.go.id, Senin (05/10/20).

Dikatakannya, pembangunan fasilitas tersebut untuk mengurangi aktivitas Buang Air Besar Sembarangan (BABS). Serta menekan angka penyebaran penyakit yang disebabkan karena air sumur terkontaminasi dengan limbah domestik.

“Setelah dicek ke lapangan memang sangat diperlukan dua Ponpes ini untuk dibuatkan IPAL Komunal,” ujarnya.

Dia menyebutkan, biaya pembangunan dua IPAL Komunal ini menggunakan Anggaran Pembangunan dan Belanja Daerah (APBD). Dengan nilai  Rp 998.500.000

“Semoga pembangunannya selesai tepat waktu sehingga bisa segera dimanfaatkan,” tandasnya. (JD 10/ED 01/EUD02)