Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Tahun Ini 123 RTLH di Bojongsari dan Sawangan Akan di Renovasi

JD10 - berita depok
Rabu, 29 Mei 2024, 13:01 WIB
Kepala Disrumkim Kota Depok, Dadan Rustandi saat memberikan bantuan RTLH kepada warga Kecamatan Bojongsari dan Sawangan di Kantor Kecamatan Sawangan, Rabu (29/05/23). (Foto: Diskominfo Depok).

berita.depok.go.id - Sebanyak 123 Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Kecamatan Bojongsari dan Sawangan akan diperbaiki tahun ini oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Depok. Perbaikan RTLH dilakukan untuk memberikan rumah yang layak bagi masyarakat Kota Depok.

Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman (Disrumkim) Kota Depok, Dadan Rustandi merinci di Kecamatan Sawangan ada 101 RTLH yang akan diperbaiki. Sementara Kecamatan Bojongsari terdapat 22 rumah.

"Sedangkan untuk se-Kota Depok ada 1.525 unit rumah tidak layak huni akan direhabilitasi tahun ini menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun 2024," ujarnya kepada berita.depok.go.id usai membuka sosialisasi program bantuan sosial (bansos) Rehabilitasi Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Kantor Kecamatan Sawangan, Rabu (29/05/23). 

Dirinya merinci, para penerima manfaat akan mendapatkan bantuan sebesar Rp23 Juta. Dimana, pembagiannya adalah Rp20 juta untuk material dan Rp3 Juta untuk upah pekerjanya.

"Jumlah bantuan yang diberikan memang tidak banyak dan masih kurang, namun bisa dibantu dengan swadaya dari masyarakat karena bantuan dari pemerintah sifatnya hanya stimulan agar menggerakkan masyarakat untuk saling membantu," katanya.

Lebih lanjut, waktu pelaksanaan perbaikannya bisa langsung dilakukan setelah proses pencairan dana dari Bank BJB selesai. Kemudian ketika pemilik rumah sudah siap melakukan perbaikan rumahnya.

"Untuk pelaksanaanya tergantung nanti pemilik rumahya siapnya kapan. Artinya kan harus berbenah dan menyiapkan segala suatunya dahulu dan menentukan apa yang menajdi prioritas utama perbaikan rumahnya," tutupnya. (JD10/ED 01).