Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Tahun Depan, BKD Fokus Lima Isu Strategis

JD 08 - berita depok
Selasa, 18 Februari 2020, 15:55 WIB

Kegiatan Forum Rencana Kerja Perangkat Daerah Badan Keuangan Daerah (BKD) Kota Depok dengan tema "Optimalisasi Pendapatan Asli Daerah Melalui Peningkatan Kepatuhan Wajib Pajak" di Hotel Savero, Selasa (18/02/2020). (Foto : Diskominfo)

berita.depok.go.id- Upaya pembenahan program kerja, Badan Keuangan Daerah (BKD) Kota Depok menetapkan lima isu strategis sebagai fokus utama di tahun 2021. Seperti, peningkatan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM), kualitas pelayanan pajak, serta peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Isu lainnya adalah pengelolaan keuangan dan aset yang transparan akuntabel, terakhir adalah  pembangunan dan pengembangan teknologi informasi yang terintegrasi,” ujar Kepala BKD Kota Depok, Nina Suzana, usai Kegiatan Rencana Kerja Perangkat Daerah BKD Kota Depok, di Hotel Savero, Selasa (18/02/20).

Dikatakannya, guna merealisasikan kelima isu strategis tersebut, beberapa upaya akan dilakukan. Salah satunya dengan memaksimalkan Sumber Daya Manusia (SDM) untuk mempercepat pelayanan.

“Kita sadari jumlah SDM BKD sangat terbatas, tetapi terus kita optimalkan,” terangnya.

Sementara untuk sistem pengelolaan keuangan, lanjutnya, saat ini sudah berbasis online, baik dari perencanaan hingga penganggaran.  Termasuk laporan pertanggungjawabannya.

Selain itu, kata Nina, untuk pajak pendapatan daerah, sudah terintegrasi dan bisa dilihat secara langsung (real time). Upaya tersebut juga merupakan bagian dari proses percepatan pelayanan.

“Kita juga sudah terapkan sistem pencatat omzet restoran atau pelaku usaha yang bisa dilihat langsung oleh BKD. Upaya-upaya ini diharapkan bisa meningkatkan kualitas pelayanan kepada Perangkat Daerah terkait maupun masyarakat. Tahun depan akan lebih kita pertajam,” tutupnya. (JD 08/ED 01/EUD 02)