Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Tahun 2025, Dinas Damkar Depok Akan Jalankan Sejumlah Isu Strategis

JD 02 - berita depok
Jumat, 23 Februari 2024, 11:06 WIB
Pelaksanaan Forum Renja Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Depok di Wisma Hijau, Selasa (20/02/24) lalu. (Foto: JD02/Diskominfo Depok).

berita.depok.go.id - Sejumlah isu strategis akan dilaksanakan Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan sepanjang tahun 2025. 

Kepala Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Depok, Adnan Mahyudin menjelaskan, isu strategis pertama yaitu persiapan sarana dan prasaran serta Sumber Daya Manusia (SDM) untuk menunjang tugas pokok dan fungsi penanggulangan bencana. 

"Kedua, peningkatan sarana prasarana, diantaranya pembangunan pos pemadam kebakaran dan penambahan kendaraan unit pemadam kebakaran disejumlah wilayah," ungkapnya, usai pelaksanaan Forum Rencana Kerja (Renja) Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Depok sudah dilaksanakan di Wisma Hijau, Kecamatan Cimanggis, Selasa (20/02/24) lalu. 

Selanjutnya, Adnan menjelaskan isu strategis ketiga yang akan dilakukan yaitu peningkatan kualitas dan kuantitas sumber daya aparatur. Lalu, peningkatan sinergitas dalam upaya pencegahan, penanggulangan kebakaran baik dengan instansi pemerintah, swasta, maupun masyarakat. 

Kemudian, tambah Adnan, terkait sumber air, dan kebutuhan pasokan air untuk pemadaman. Juga peningkatan pengawasan dan pemeriksaan bangunan dan gedung yang dilandasi penegakan hukum. 

"Selain itu, tahun 2025 akan dilakukan upaya peningkatan partisipasi masyarakat melalui penyuluhan, pelatihan dan pembentukan Relawan Pemadam Kebakaran (Redkar)," jelasnya. 

Dikatakan Adnan, akan dilakukan pembentukan Sistem Ketahanan Kebakaran di Lingkungan (SKKL). Serta memperkuat sinergitas dan koordinasi dengan semua stakeholder dalam pelaksanaan pemadam kebakaran dan penanggulangan bencana.

"Sehingga harapan kami, pelayanan kepada masyarakat dalam penanggulangan kebakaran dan bencana yang responsif dan profesional dapat terwujud," tandasnya. (JD02/ED 01).