Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Tahap I, 1.708 Jemaah Calhaj Depok Jalani Tes Kesehatan

JD 02 - berita depok
Kamis, 20 Februari 2020, 11:39 WIB

Ilustrasi tes kebugaran. (Foto: Diskominfo)

berita.depok.go.id-Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok mulai menjalani pemeriksaan kesehatan bagi jemaah calon haji (calhaj) sejak Desember 2019. Sebanyak 1.708 jemaah calhaj Kota Depok tahun 2020 mulai melakukan tes kesehatan pada tahap I di Puskesmas setempat.

Menurut Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Kota Depok, Umi Zakiyati, pihaknya sudah melakukan rangkaian persiapan pemeriksaan kesehatan sejak November 2019. Selanjutnya, pada Desember 2019 seluruh calhaj sudah dapat melakukan pemeriksaan kesehatan tahap I.

“Pemeriksaan kesehatan tahap I sudah dilakukan melalui 11 UPT Puskesmas Kecamatan sebagai penyelenggara pemeriksaan kesehatan haji,” tuturnya kepada berita.depok.go.id, belum lama ini.

Dikatakan Umi, pemeriksaan tahap I tersebut dilakukan sebagai tujuan untuk mengetahui kondisi kesehatan calhaj sedini mungkin, dan mengetahui faktor risiko pada diri mereka. Dengan begitu, jemaah calhaj dapat mengelola kesehatannya untuk  mencapai kondisi yang optimal menjelang keberangkatan ibadah haji.

Umi menambahkan, untuk tahap I pemeriksaan dilakukan beberapa jenis. Antara lain pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang

“Untuk pemeriksaan penunjang dilakukan pemeriksaan laboratorium dengan pengambilan darah rutin, kimia darah, dan urinalisa. Juga rontgen dada, dan elektrokardiogram untuk usia yang lebih dari 40 tahun atau jika ada indikasi dokter pemeriksa,” tutupnya. (JD02/ED 02/EUD 02)