Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Sukseskan Pelaksanaan BIAS, Dinkes Adakan Sosialisasi

JD 02 - berita depok
Kamis, 29 September 2022, 12:00 WIB

berita.depok.go.id - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok mengadakan Sosialisasi Pelaksanaan Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) secara virtual, Kamis (29/03. Kegiatan tersebut diikuti Guru SD dan MI se-Kota Depok untuk menyukseskan pelaksanaan BIAS. 

Dalam sambutan, Sekretaris Dinkes Kota Depok, Rani Martina mengatakan, imunisasi lanjutan pada anak usia sekolah perlu dilakukan untuk peningkatan imunitas. Dengan harapan agar anak bisa mendapatkan perlindungan kekebalan terhadap penyakit-penyakit yang bisa dicegah dengan imunisasi (PD3I) lebih lama lagi bahkan bisa seumur hidup. 

“BIAS ini merupakan kegiatan pemberian imunisasi rutin lanjutan bagi anak usia sekolah kelas 1,2 dan 5 SD dan MI sederajat,” ungkapnya. 

Lebih lanjut, Rani menjelaskan, BIAS dilaksanakan setiap tahun pada bulan Agustus untuk imunisasi Measles Rubella (MR) yang diberikan pada anak kelas 1 SD. Serta pada bulan November untuk imunisasi Diphteria Tetanus (DT) diberikan pada anak kelas 1 SD dan imunisasi Tetanus Diphteria (Td) pada anak kelas 2 SD dan kelas 5 SD.

Untuk itu, ujar dia, demi menyukseskan pelaksanaan BIAS perlu kerja sama pihak sekolah dengan Puskesmas untuk menyampaikan informasi kepada orang tua siswa. 

“Diharapkan melalui peran sekolah dan Puskesmas dapat meningkatkan cakupan imunisasi BIAS, demi mewujudkan generasi yang sehat,” tambahnya. 

Sosialisasi BIAS ini menghadirkan dua narasumber. Yaitu Lily Banonah Rivai sebagai Ketua Tim Kerja Imunisasi Usia Sekolah dan Sumber Daya Imunisasi serta Arifianto sebagai Kepala KSM Anak dan Ketua Komite Medik RAUD Pasar Rebo. (JD02/ED02/EUD02)