Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Stakeholder Kelurahan Jatimulya, Terjun Langsung Bina KTR dan IKL

JD 12 - berita depok
Minggu, 19 Maret 2023, 13:29 WIB
News
Lurah Jatimulya, Aripudin saat menempelkan stiker KTR di salah satu masjid, Sabtu (19/03/23). (Foto: Istimewa).

berita.depok.go.id- Seluruh stakeholder Kelurahan Jatimulya terjun langsung melakukan pembinaan Kawasan Tanpa Rokok (KTR) dan Inspeksi Kesehatan Lingkungan (IKL) pada tatanan Kota Sehat tahun 2023. Kegiatan tersebut dirangkai juga dengan sosialisasi Peraturan Daerah (Perda) Kota Depok Nomor 2 Tahun 2020 tentang Perubahan Atas Perda Kota Depok Nomor 3 Tahun 2014 tentang KTR. 


Lurah Jatimulya, Aripudin mengatakan, kegiatan ini melibatkan unsur kecamatan, Puskesmas, Forum Komunikasi Kecamatan Sehat (FKKS), Pokja Sehat, Gugus Tugas Kota Layak Anak (GTKLA). Kemudian, Kampung KB, RW Ramah Anak, Forum Anak, Kader Ramah Keluarga (KRK), Satpol PP, Linmas dan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM). 


"Kami turun langsung ke lapangan untuk memberikan sosialisasi dan pemasangan stiker KTR di beberapa lokasi sebagai lokus binaan untuk tidak merokok di kawasan tersebut," ujarnya kepada berita.depok.go.id, Minggu (19/03/23). 



" Hal ini sesuai dengan Perda Kota Depok Nomor 2 Tahun 2020, tentunya kita akan terus pantau lokus-lokus yang sudah ditentukan tidak boleh merokok, sehingga masyarakat tidak ada lagi yang merokok di sembarang tempat," sambungnya. 


Di tempat yang sama, Kepala Seksi Kemasyarakatan dan Pelayanan Kelurahan Jatimulya, Nadirah menjelaskan, kolaborasi ini menurunkan enam tim yang disebar untuk membina di 20 lokasi. Terdiri dari masjid, pesantren, madrasah, dan taman bermain yang tersebar di Kelurahan Jatimulya. 



"Dengan pembinaan ini diharapkan masyarakat, khususnya pengelola kawasan tempat ibadah, sarana pendidikan, baik pesantren dan madrasah dan tempat bermain anak dapat lebih mengingatkan dan menerapkan ketentuan Perda terkait KTR sehingga dapat lebih tertib dan meningkat derajat kesehatan masyarakatnya," ujarnya. (JD 12/ED 01/EUD03)