Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

SMPN 8 Depok Jadi Lokus Pencanangan Geber Sijumo dan JamilLah, Entaskan TBC hingga Stunting

JD 02 - berita depok
Rabu, 22 Mei 2024, 16:15 WIB
Pencanangan Geber Sijumo dan JamilLah di SMPN 8 Depo, Rabu (22/05/24). (Foto: EVD01/Diskominfo)

berita.depok.go.id - SMP Negeri 8 Depok menjadi lokasi khusus (lokus) pencanangan Gerakan Bersama Sobat Literasi Stunting, Imunisasi, Pencegahan DBD dan Penanggulangan TBC (Geber Sijumo) dan JamiLah (Jaga Ibu Hamil Lingkungan Bersih Dan Sehat) dengan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), Rabu (22/05/24). 

Program yang dicanangkan Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Jawa Barat tersebut dilakukan secara serentak bersama 27 kota/kabupaten di Jawa Barat (Jabar). 

Kegiatan tersebut dimulai dengan sarapan bersama dengan siswa SMP Negeri 8 Depok yang dilanjutkan dengan pencanangan, penyematan pin kepada Sobat Si Jumo dan JamilLah, serta dilanjut dengan konsumsi bersama Tablet Tambah Darah (TTD). 

"Melalui gerakan ini, kita sama-sama berkomitmen untuk mengatasi kasus stunting, Demam Berdarah Dengue (DBD) dan Tuberkulosis (TBC). Karena butuh kerjasama termasuk dari pihak sekolah," tutur Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, Mary Liziawati, kepada berita.depok.go.id usai acara tersebut di SMP Negeri 8 Depok. 

Dirinya berharap, gerakan ini tidak hanya dilakukan di SMP Negeri 8, tetapi juga bisa dilaksanakan di semua sekolah di Kota Depok. Sehingga, seluruh sekolah memiliki semangat yang sama untuk permasalahan stunting, DBD dan TBC. 

Dikatakan Mary, sekolah memiliki peran penting dalam mencegah stunting dengan mengajak siswa mengonsumsi TTD rutin setiap minggu. 

Selain itu juga melakukan pemantauan jentik nyamuk di tempat-tempat yang berpotensi adanya genangan di sekolah, serta pencegahan TBC dengan optimalisasi peran dari Laskar TB. 

"Harapannya, upaya pencegahan ini dapat dilakukan dari hulu, mulai dari tingkat sekolah. Sehingga dapat menghasilkan generasi yang sehat dan terbebas dari stunting, DBD, dan TBC," tandasnya. (JD 02/ ED 01).