Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Skema Pemulangan Jemaah Haji, Pemkot Bareng Kemenag Depok Siap Berikan Pelayanan Terbaik

JD09 - berita depok
Rabu, 26 Juni 2024, 1:42 WIB
Rapat Koordimasi (Rakor) Pemulangan Jemaah Haji Tahun 2024 atau 1445 Hijriah (H) di ruang rapat Sekretariat Daerah (Setda) Depok, Senin (25/06/24). (Foto : Diskominfo)

berita.depok.go.id - Pemerintah Kota (Pemkot) bersama Kementerian Agama (Kemenag) Depok dan stakeholder terkait melakukan Rapat Koordimasi (Rakor) Pemulangan Jemaah Haji Tahun 2024 atau 1445 Hijriah (H) di ruang rapat Sekretariat Daerah (Setda) Depok, Senin (25/06/24).

Berdasarkan rakor tersebut, telah diputuskan sejumlah skema pemulangan dan langkah antisipasi yang berasal dari evaluasi, serta masukan stakeholder terkait yang hadir.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kabag Kesra) pada Setda Kota Depok, Dzikrulloh Kamali menjelaskan, melalui rakor ini stakeholder terkait akan memahami tugas-tugas dan fungsinya dalam pemulangan jemaah haji.

Kemudian, juga mengerti skema pemulangan dan pengambilan koper para jemaah haji.

"Untuk lokasi penjemputan jemaah haji Kota Depok lokasi sama dengan pemberangkatan, yaitu di Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII), katanya kepada berita.depok.go.id, usai rakor tersebut.

"Pemkot Depok akan menfasilitasi bus untuk mengangkut jemaah haji dan truk untuk mengangkut koper besar jemaah haji," sambungnya.

Selain itu juga, pihaknya telah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Depok untuk mengantisipasi jemaah haji yang kelelahan. Yaitu, dengan menyediakan sebanyak dua unit ambulans beserta tenaga kesehatannya.

"InsyaAllah ini memadai. Satu ambulans akan mengawal jemaah haji dari embarkasi dan satu ambulans akan standby di UIII," kata dia.

Pengambilan koper besar, lanjut Dzikrulloh Kamali, akan dilakukan di UIII. Pengambilan koper dapat dilakukan oleh jemaah haji ataupun oleh keluarganya.

"Koper akan datang terlebih dahulu dari pada jemaah haji, jadi bagi penjemput yang ingin mengambil koper bisa menunjukkan bukti bahwa penjemput merupakan keluarga ataupun rekan dari jemaah haji. Bukti tersebut beriisi nama, nomor identitas, nomor rombongan dan kloter jamaah haji," terang dia.

"Namun, untuk mengantisipasi apabila terjadi hujan besar, pengambilan koper akan dilakukan di Kantor Kementerian Agama Kota Depok," ungkap Dzikrulloh Kamali.

Dia juga memberikan pesan kepada para penjemput jemaah haji untuk tetap tertib dan mengikuti arahan petugas. 

Sementara itu, Kepala Seksi (Kasi) Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam Kantor Kemenag Kota Depok, Hasan Basri menambahkan, pada pemulangan jemaah haji tahun ini, pihaknya siap memberikan pelayanan yang terbaik. Hal itu dilakukan agar dapat mengantisipasi sesuatu yang tidak diinginkan.

"Kami ingin menjaga citra pelayanan jemaah haji yang saat pemberangkatan sudah baik. Jadi jangan sampai saat pemulangan terjadi hal-hal yang mengakibatkan tingkat kepuasan masyarakat menurun," tutup Hasan Basri. (JD09/ED02)