Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Selama Ramadan, Kelab Malam Hingga Bar di Depok Dilarang Beroperasi

JD 12 - berita depok
Selasa, 28 Maret 2023, 14:25 WIB
News
SE Nomor: 451/161-Satpol.PP tentang Aktivitas Selama Bulan Suci Ramadan Tahun 1444 H/ 2023 M. (Foto: Istimewa).

berita.depok.go.id - Pemerintah Kota (Pemkot) Depok menerbitkan Surat Edaran Nomor: 451/161-Satpol.PP tentang Aktivitas Selama Bulan Suci Ramadan Tahun 1444 H/ 2023 M. SE yang diterbitkan tanggal 27 Maret tersebut, dalam rangka mewujudkan visi misi Kota Depok yang Maju, Berbudaya dan Sejahtera serta menjaga dan memelihara kerukunan umat beragama dengan berpedoman pada peraturan perundang-undangan.

Terdapat enam poin yang diatur dalam SE itu. Pertama, bagi seluruh masyarakat Kota Depok untuk menjaga kekhusukan Bulan Suci Ramadan Tahun 1444 H/ 2023 M dengan saling menghargai dan menghormati antar umat beragama serta organisasi kemasyarakatan dalam menjalankan kegiatan keagamaan dan keorganisasian.

Kedua, bagi umat Islam Kota Depok hendaknya menjalankan ibadah Ramadan dengan benar dan baik, untuk meningkatkan iman dan taqwa. Ketiga, bagi pemilik/pengelola rumah makan/restoran/warung, diimbau untuk memasang kain penutup/ tirai di area usahanya pada siang hari selama Ramadan dengan menerapkan protokol kesehatan.

Keempat, Sesuai dengan ketentuan pasal 48 ayat (7) Peraturan Daerah (Perda) Kota Depok Nomor 16 tahun 2013 tentang Kepariwisataan, khususnya bagi bar, kelab malam, diskotik, karoke/rumah bernyanyi, pub, panti pijat, rumah billiard, spa dan sanggar seni budaya tradisional yang bersifat usaha dan hiburan, dilarang mengoperasikan kegiatan usahanya pada bulan Suci Ramadan dan hari-hari besar keagamaan.

Kelima, bagi Aparatur Sipil Negara (ASN), pegawai dilingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Depok dan masyarakat Kota Depok yang tidak menunaikan ibadah puasa, diimbau pada siang hari untuk tidak makan, minum dan merokok ditempat-tempat umum atau terbuka.

Keenam, bagi lurah, camat, Satuan Polisi Pamong Praja serta Dinas Pemuda, Olah Raga, Kebudayaan dan Pariwisata Kota Depok untuk mensosialisasikan, saling berkoordinasi dan melaksanakan penertiban dengan pedoman pada peraturan perundang-undangan serta menyampaikan laporan evaluasi secara berkala. (JD 12/ED 01/ EUD 04)