Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Sawangan Creative Space Tawarkan Private Office hingga Meeting Room

JD 12 - berita depok
Selasa, 30 Mei 2023, 19:48 WIB
News
Sawangan Creative Space yang ada di Kecamatan Sawangan. (Foto: Diskominfo).

berita.depok.go.id -  Seiring perkembangan zaman, industri kreatif dan dunia digital semakin diminati oleh para generasi muda. Maka dari itu, semakin berjamur creative space yang bermunculan demi mendukung kemampuan dan kreativitas dari para pegiat seni.

Kalau biasanya kita hanya bisa menyaksikan pertunjukan seni di acara tertentu, di kawasan kreatif ini kamu bisa puas menikmatinya. Konsep itulah yang diusung Sawangan Creative Space yang ada di Kecamatan Sawangan. 

Di Sawangan Creative Space, kita bisa menemukan Co-working Space, private office hingga meeting room yang ada di satu bangunan. 

"Misalkan temen-teman ada yang mau projek kayak kelas-kelas crafting, butuh tempat bagi yang tidak punya tempat, disini kami bisa jalankan kolaborasi. Atau mau mengadakan seminar, kita juga punya beberapa hall yang kapasitasnya cukup luas," ujar Co-Founder Sawangan Creative Space, Indraloka Putra Santoso, kepada berita.depok.go.id, Jumat (30/05/23). 

Mengusung konsep industrial pada bangunannya, Sawangan Creative Space total memiliki delapan ruangan serbaguna yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan. Mulai dari meeting room berkapasitas enam orang hingga aula yang dapat menampung hingga lebih dari 100 orang. 

Awalnya tahun 2018, gedung yang digunakan oleh Sawangan Creative Space merupakan gedung milik brand fashion anak. Namun, brand tersebut mengalami penurunan, sampai akhirnya gulung tikar. Hingga setahun gedung terbengkalai tidak terurus. 

"Kemudian kita ambil alih, kita jadikan sebagai tempat creative space ini baru pada tahun 2023," jelasnya.

Dirinya mengatakan, di Sawangan banyak sekali pegiat seni yang memiliki potensi, baik seni lukis, musik, hingga crafting. Namun, mereka kebanyakan memilih berkumpul di cafe daripada memanfaatkan co-working space. 

"Nah dengan adanya tempat ini, kita harap bisa bangun kolaborasi, bikin event-event kegiatan yang bisa membawa harum nama Sawangan dan Kota Depok," katanya. 

"Sawangan Creative Space pernah digunakan oleh Dian Sastro, Baim Wong dan Jerome Polin untuk lokasi syuting mereka," sambungnya. 

Indra pun melihat geliat potensi startup di Kota Depok sangat menjanjikan, tinggal bagaimana potensi dari para pelakunya dapat diolah dengan baik. 

"Dengan kita yang baru ini, kita berharap bisa dibantu promosikan atau berkolaborasi mengajak teman-teman Pemkot Depok untuk ke sini, sehingga tempat ini ramai," tutupnya. (JD 12/ED 01/EUD 04)