Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Satgas DPUPR Evakuasi Pohon Tumbang di Kali Cabang Tengah Tanah Baru

JD 08 - berita depok
Selasa, 24 Januari 2023, 15:07 WIB
DPUPR Kota Depok menerjunkan satu regu Satgas untuk melakukan evakuasi pohon tumbang di Kali Cabang Tengah, Kelurahan Tanah Baru Kecamatan Beji, Selasa (24/01/23).

berita.depok.go.id - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok, hari ini menerjunkan satu regu satuan tugas (satgas) untuk melakukan evakuasi pohon tumbang di Kali Cabang Tengah, Kelurahan Tanah Baru Kecamatan Beji. Evakuasi harus segera dilakukan agar batang kayu tidak menyumbat aliran air.

"Iya, kami terjunkan satu regu satgas yang terdiri dari 10 personel untuk melakukan evakuasi pohon yang bisa dibilang cukup besar. Jenis pohon ini yaitu Pohon Kapuk, jika tidak segera diangkat, maka akan menimbulkan masalah baru. Seperti, tersendatnya aliran kali," ujar Kepala DPUPR Kota Depok Citra Indah Yulianty, Selasa (24/01/23).

Dikatakannya, untuk membantu kerja satgas di lapangan, pihaknya juga mengerahkan alat pemotong pohon atau gergaji mesin. Selain itu, satu unit dump truck dikerahkan untuk membawa batang kayu ke Tempat Penampungan Akhir (TPA) Cipayung.

"Untuk menuntaskan masalah banjir ini, perlu melibatkan banyak pihak. Tidak hanya pemerintah, tapi juga masyarakat sekitar. Kami imbau masyarakat secara gotong royong melakukan penanganan jika menemukan kejadian seperti ini," tegasnya.

Citra menyebut, selain pohon yang memang tumbang, terdapat beberapa kasus temuan batang pohon besar yang disengaja dibuang oknum di kali. Dirinya pun berharap, kejadian serupa tidak terulang kembali. 

Menurutnya, kesadaran masyarakat terkait pengolahan limbah atau sampah harus terus dilakukan untuk mengurangi volume sampah yang masuk ke TPA.

"Kami berharap, tidak ada lagi orang yang membuang batang kayu ke kali. Karena ini merugikan banyak pihak. Kami juga meminta semua pihak menjaga dan merawat lingkungan,” tutupnya. (JD 08/ED 02/EUD03)