Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Sapa Bunda Episode 20 Bahas Pentingnya Makanan Sehat, Aman dan Enak

JD09 - berita depok
Selasa, 11 April 2023, 16:17 WIB
Ketua TP-PKK Depok, Elly Farida bersama Kepala Dinkes Kota Depok, Mary Liziawati pada program Sapa Bunda yang tayang di kanal youtube Bunda Elly Farida, Selasa (11/04/23). (Foto : Tangkapan Layar).

berita.depok.go.id - Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kota Depok, Elly Farida kembali menyampaikan tausiah Ramadan pada program Sapa Bunda atau Setiap Pagi Berbagi Ilmu di Bulan Ramadan episode 20.

Sapa Bunda kali ini, kedatangan tamu Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok, Mary Liziawati. Dokter Mary sapaannya, akan menjelaskan tentang pentingnya mengkonsumsi makanan yang SAE atau Sehat, Aman dan Enak.

Dokter Mary menjelaskan, dalam sahur dan berbuka jangan hanya memakan makanan yang enak saja tetapi juga harus sehat dan aman. Pasalnya, berdasarkan penelitian makanan sangat berpengaruh bagia kesehatan tubuh.

"Bahkan beberapa penelitian mengatakan, makan yang sehat bisa membantu para penderita kanker payudara dalam mengatasi permasalahan selama pengobatannya," kata Dokter Mary dalam program Sapa Bunda Episode 20 di kanal youtube Bunda Elly Farida, Selasa (11/04/23).

World Health Organization (WHO) pernah menyampaikan, makanan yang sehat dan dikonsumsi setiap hari dapat mencegah malnutrisi. Termasuk, penyakit tidak menular.

Dokter Mary melanjutkan, makan yang SAE ialah makanan yang seimbang. Ada karbohidrat, sayur, protein nabati dan protein hewani.

"Makanan SAE sangat penting bagi kita, sehingga Dinkes Depok sangat konsen. Kita punya inovasi namanya Lalapan Depok," tuturnya.

Pada program Lalapan Depok, Dinkes Depok membuat kelas online pelatihan makanan aman dan sehat. Kelas ini dapat diikuti oleh seluruh pengelola, pemilik atau penjamah makanan di Kota Depok.

"Mereka akan dibekali cara menyajikan makanan yang aman dan sehat," imbuhnya.

Menanggapi hal tersebut, Bunda Elly sapaan Ketua PKK Depok mengungkapkan penjelasan tersebut sangat bermanfaat untuk seluruh masyarakat Depok. Terutama, untuk keluarga di rumah, dalam mengatur porsi sarapan, makan siang dan makan malam.

"Apalagi sekarang masih suasana Ramadan sahur dan bukanya jadi tetap terjaga. Terlebih buat anak-anak yang baru belajar puasa, mereka pemula tapi asupan gizinya harus cukup," tutur Elly Farida.

Selanjutnya, Dokter Mary kembali memaparkan program lain yang dimiliki Dinkes Depok, yaitu pelatihan keamanan pangan bagi para UMKM di Kota Depok. Dengan pelatihan ini, masyarakat menjadi merasa aman mengkonsumsi jajanan yang ada di Kota Depok.

"Setelah para UMKM mengikuti pelatihan ini, nantinya mereka bisa mendapatkan Sertifikat Laik Hygiene Sanitasi (SLHS). Sertifikat ini menjadi jaminan bagi kita konsumen ketika datang ke penjual makanan," terangnya.

"Ketika (para UMKM) sudah memiliki SLHS, maka sudah dijamin aman dan sehat" ucapnya.

Bunda Elly menutup Sapa Bunda episode 20 dengan memberikan pesan kepada para ibu untuk sadar dan peduli dalam menyiapkan bahan, pengelolaan hingga dikonsumsi.

"Seorang ibu yang bijak, tentunya akan sangat care dan aware, bagaimana menyiapkan bahan-bahannya, pengelolaannya sampai kemudian dikonsumsi menjadi makanan yang SAE, Sehat, Aman dan Enak," tutup Bunda Elly. (JD 09/ED 01/EUD 04)