Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

RW 01 Rangkapan Jaya Ditunjuk Jadi Kampung Caraka

JD 05 - berita depok
Selasa, 17 Januari 2023, 9:50 WIB
Suasana pelaksanaan Musrenbang 2024 tingkat Kelurahan Rangkapan Jaya, Kecamatan Pancoran Mas di Aula Serbaguna Yayasan Perjuangan Kholifah Masa Depan, Senin (16/1/2023). (Foto: JD 05/Diskominfo)

berita.depok.go.id - Kelurahan Rangkapan Jaya, Kecamatan Pancoran Mas (Panmas) akan mengoptimalkan program Kampung Cerdas Ramah Keluarga (Caraka) demi peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM).

Pada tahun ini, RW 01 ditunjuk menjadi lokasi khusus (lokus) pelaksanaan program tersebut.

Lurah Rangkapan Jaya, Zaenur Ahmad menjelaskan, RW 01 sebelumnya juga merupakan lokus Kampung KB yang ditunjuk untuk mewakili tingkat kelurahan beberapa tahun lalu. Agar kegiatan yang sudah berjalan lebih optimal, maka di wilayah itu ditetapkan menjadi lokus Kampung Caraka.

"Berbagai macam kegiatan tahun ke tahun sudah diintervensi di sana, supaya lebih baik kami optimalkan di RW 01," jelas Zaenur kepada berita.depok.go.id, Selasa (17/01/23).

Dikatakan Zaenur, Kampung Caraka merupakan salah satu menu wajib dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) 2023 dan 2024. Pada tahun ini pembentukan dan pelaksanaan kegiatan ada di sesi satu.

"Tahun depan (2024) pemantapannya dengan intervensi beragam kegiatan terintegrasi di lokus Kampung Caraka," katanya.

Zaenur menuturkan, nantinya di Kampung Caraka akan dilaksanakan kegiatan-kegiatan mulai dari anak-anak, remaja, hingga lansia. Terdapat delapan indikator kegiatan, meliputi Posyandu Multifungsi Digital, Pos Paud, Pusat Konseling dan Informasi Remaja (PIK-R), RW Ramah Anak.

Kemudian, sambungnya, ada juga Kampung KB, Pekarangan Pangan Lestari atau Rumah Pangan Lestari, Posbindu, dan Kampung Iklim (Proklim).

"Semoga dengan adanya program ini, pembangunan lebih merata," tandasnya. (JD 05/ED02/EUD02)