Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Resmi Dimulai, Pelatihan WUB Tahun Ini Diikuti 2.100 Peserta

JD10 - berita depok
Senin, 15 Agustus 2022, 15:27 WIB

berita.depok.go.id - Pemerintah Kota Depok melalui Dinas Koperasi Usaha Mikro (DKUM) resmi memulai pelatihan Wirausaha Baru (WUB) Tahun 2022. Tahun ini peserta yang mengikuti pelatihan tersebut mencapai 2.100 orang.

Kepala DKUM Kota Depok, Dede Hidayat mengatakan, program ini dilakukan dalam rangka mewujudkan kesejahteraan masyarakat dan mengembangkan sumber daya ekonomi lokal. Selain itu, juga sebagai perluasan lapangan pekerjaan di Kota Depok melalui potensi yang dimiliki.

"Tujuannya agar dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan wirausaha baru, menciptakan wirausaha yang kreatif, energik dan sukses serta menjadikan keluarga sejahtera, menyerap tenaga kerja dan menjadi tulang punggung kekuatan ekonomi di Kota Depok,” ujarnya kepada berita.depok.go.id, Senin (15/08/22).

Terbagi dalam 13 angkatan, pelaksanaan pelatihan WUB berlangsung dari 15 Agustus hingga 2 September 2022. Peserta yang terpilih merupakan warga Kota Depok yang telah melalui sejumlah tahapan seleksi. Yakni seleksi administrasi, substansi dan wawancara.

"Materi yang diberikan berupa mindset wirausaha, visi dan misi, customer dan produk, market, selling dan branding serta strategi modal dan harga," tuturnya.

Lanjutnya, terdapat beberapa narasumber yang dihadirkan pada pelatihan kali ini. Di antaranya perusahaan yang bergerak di bidang kewirausahaan, tim sinergitas Kota Depok dan Dinas Koperasi dan usaha Kecil Provinsi Jawa Barat. Metode pembelajaran terdiri atas teori, praktik, diskusi dan simulasi.

"Harapannya pelatihan ini dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan peserta dalam berwirausaha. Kemudian juga melakukan kerja sama dan koordinasi dengan para pendamping WUB yang ada demi mewujudkan pemanfaatan potensi yang dimiliki," tutupnya. (JD 10/ED 01/EUD02)