Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Rangkaian Lebaran Depok 2023, Wakil Wali Kota Resmi Buka Pasar Pengabisan

JD10 - berita depok
Jumat, 19 Mei 2023, 21:08 WIB
Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono saat membuka kegiatan Pasar Pengabisan sebagai rangkaian acara Lebaran Depok Tahun 2023. (Foto : JD04/Diskominfo)

berita.depok.go.id - Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono membuka Pasar Pengabisan yang masuk dalam rangkaian acara Lebaran Depok Tahun 2023 di Perumahan Garden at Candi Sawangan, Kecamatan Bojongsari. 

Bang Imam, sapaan akrab Wakil Wali Kota Depok menuturkan, biasanya Pasar Pengabisan ini diadakan satu hari menjelang lebaran, atau saat malam takbiran. Di pasar tersebut, warga berbelanja membeli kebutuhan lebaran, mulai dari makanan hingga pakaian.

"Karena puncak acara Lebaran Depok diadakan besok, Sabtu (20/05), maka kita anggap hari ini malam takbirannya dan warga akan berbelanja di Pasar Pengabisan," tutur Bang Imam kepada berita depok.go.id, di sela-sela acara Lebaran Depok 2023, Jumat (19/05/23).

Dalam kesempatan itu, Bang Imam tampak membagikan sejumlah uang kepada anak-anak yang hadir di Lebaran Depok. Menurutnya, itu juga menjadi salah satu bagian dari tradisi Pasar Pengabisan.

"Biasanya uang yang didapat akan dibelanjakan dipasar pengabisan," tuturnya.

Di hari ketiga pelaksanan Lebaran Depok, sejumlah kegiatan dihadirkan untuk memeriahkan acara. Seperti lomba menumbuk uli, nganam ketupat dan merebut dandang.

"Selain itu juga ada bedah kamus bahasa Depok dan penampilan sejumlah kesenian dan budaya lainnya," (JD 10/ED 02/EUD 04)