Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

Puluhan Peserta Pusdiklat Kemkominfo Belajar Manajemen Kehumasan di Diskominfo Depok

JD10 - berita depok
Senin, 5 Juni 2023, 20:41 WIB
Kepala Diskominfo Kota Depok, Manto saat menerima peserta kunjungan dari Pusdiklat Kemkominfo RI di Balai Kota Depok, Senin (05/06/23). (Foto : JD01/Diskominfo)

berita.depok.go.id - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok menjadi lokasi Pelatihan Pembentukan Jabatan Fungsional Pranata Humas Tingkat Keterampilan Angkatan II Tahun 2023.

Kegiatan ini diinisasi oleh Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemkominfo RI).

"Jadi Pusdiklat Kemkominfo membawa peserta diklat-nya untuk melaksanakan observasi lapangan yang lokasi khususnya di Diskominfo Kota Depok," kata Kepala Diskominfo Kota Depok, Manto kepada berita.depok.go.id, Senin (05/06/23).

Dijelaskannya, para peserta diklat mempelajari tentang manajemen kehumasan di Diskominfo Depok. Lalu, Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID), serta tata kelola Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

"Pertimbangannya karena kita tahun lalu mendapatkan predikat kota informatif, itu menandakan pengelolaan PPID Kota Depok termasuk bagus," ujarnya.

"Kita juga mendapatkan predikat baik dalam masalah pengelolaan SPBE, itu yang menjadi acuan mereka," sambungnya.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Pusdiklat Kemkominfo, Baso Saleh menambahkan, Kota Depok dipilih sebagai lokasi obersevasi lapangan karena pengelolaan informasi dan komunikasinya sudah cukup representatif.

Selain itu juga Kota Depok sangat padat dan kompleks dengan berbagai prestasi yang sudah diraih.

Untuk diketahui, kegiatan observasi lapangan ini diikuti 21 orang yang berasal dari berbagai instansi pemerintahan. Mulai dari kementerian, lembaga hingga pemerintah provinsi dan kota yang bertugas dalam kehumasan.

"Mereka terbagi ke dalam empat kelompok dengan tema yang berbeda-beda. Kelompok I membahas tentang strategi manajemen komunikasi kehumasan," katanya.

"Kelompok II membahas manajemen media kehumasan, kelompok III membahas manajemen sistem informasi dan tata laksana SPBE dan kelompok IV membahas tata kelola PPID dan Respon Publik," tambahnya.

Dia berharap kegiatan ini bisa menambah wawasan dan ilmu para peserta, sehingga membandingkan cara kerja pengelolaan informasi Kota Depok dan di satuan kerjanya masing-masing. 

"Agar bisa memberikan dampak kemajuan bagi satuan kerja para peserta," tutupnya. (JD10/ED 02/EUD 04)