Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

PMI Depok Kirim Enam Relawan Bantu Evakuasi Korban Gempa di Cianjur

JD 08 - berita depok
Senin, 21 November 2022, 18:05 WIB
Kepala Markas PMI Kota Depok, Imron Maulana melepas tim relawan untuk mengevakuasi korban gempa di Kabupaten Cianjur, Senin (21/11/22). (Foto: Istimewa).

berita.depok.go.id- Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Depok mengirimkan sebanya enam relawan untuk membantu proses evakuasi korban gempa bumi yang terjadi di Kabupaten Cianjur, siang tadi. Langkah ini merupakan aksi tanggap darurat terhadap bencana.

“Ini merupakan permintaan dari PMI Kabupaten Cianjur, juga inisiatif kami untuk mengirimkan tim relawan dalam membantu proses evakuasi korban gempa. Karena jumlah relawan mereka terbatas sehingga kami kirimkan enam relawan dari Depok,” ujar Ketua PMI Kota Depok, Dudi Mi'raz, Senin (21/11/22).

Dikatakannya, relawan dilepas oleh Kepala Markas PMI Kota Depok Imron Maulana, untuk diberangkatkan menggunakan ambulans dan satu unit mobil Grandmax. Para relawan dibekali dengan perlengkapan pertolongan pertama.

"Kami juga membawa 50 Paket Hygiene Kit yang nantinya diberikan kepada korban yang membutuhkan. Relawan PMI Depok akan dikirim selama tiga hari sambil menunggu arahan lebih lanjut. Terhitung dari tanggal 21-23 November 2022," ungkapnya.

Namun demikian, lanjutnya, jika tim relawan masih dibutuhkan, masa penugasan bisa diperpanjang. Semua tergantung situasi dan kondisi di lapangan.

“Ya, bisa diperpanjang. Kita lihat perkembangannya saja. Mudah-mudahan dengan bantuan tenaga ini, bisa meringankan tugas tim evakuasi maupun korban yang selamat ataupun bisa menemukan korban yang tertimbun reruntuhan,” tutupnya.

Untuk diketahui, gempa berkekuatan 5,6 Skala Richter (SR) mengguncang Kabupaten Cianjur hari ini pukul 13.21 WIB. Meski tidak berpotensi tsunami, namun mengakibatkan sejumlah bangunan rusak dan korban jiwa. (JD 08/ED 01/EUD02)