Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun sosial media kami

PKK Cilangkap Ciptakan Menu Makanan Cegah Stunting

JD09 - berita depok
Selasa, 14 Maret 2023, 13:01 WIB
Ketua TP-PKK Cilangkap, Siti Aisyah bersama Kepala UPTD Puskesmas Cilangkap, Helda Ika Setyarini dan Ahli Gizi UPTD Puskesmas Cilangkap menampilkan sejumlah inovasi menu stunting berbahan daun kelor di aula Kantor Kelurahan Cilangkap, Senin (13/03/23). (Foto : Diskominfo).

berita.depok.go.id - Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluraga (TP-PKK) Kelurahan Cilangkap turut berkontribusi dalam upaya pencegahan stunting. Salah satunya menciptakan menu Pemberian Makanan Tambahan (PMT) Stunting dengan bahan utama daun kelor.

Ketua TP-PKK Kelurahan Cilangkap, Siti Aisyah mengatakan, pihaknya memilih daun kelor karena memiliki beberapa alasan. Yaitu, murah, mudah ditemui, dan memiliki kandungan protein tinggi.

"Pak lurah selaku pembina PKK Cilangkap selalu memberikan motivasi untuk membuat makanan cegah stunting bagi warga di wilayah Cilangkap," tuturnya kepada berita.depok.go.id, kemarin (13/03/23)

Menu yang dibuat dengan bahan daun kelor antara lain, nugget, bubur bayi, puding, sup, kue bolu dan lainnya. Pihaknya akan memperkenalkan menu-menu tersebut kepada masyarakat.

"Melalui inovasi ini, semoga bisa membantu meningkatkan gizi anak-anak sehingga tidak ada lagi kasus stunting baru di Cilangkap," harapnya.

Di tempat yang sama, Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas Cilangkap, Helda Ika Setyarini menambahkan, stunting sangat berpengaruh pada 1.000 hari pertama kehidupan. Yaitu mulai dari saat dilahirkan hingga balita.

"PKK Cilangkap mempunyai inovasi menu makanan dengan bahan baku daun kelor. Daun kelor memang mempunyai protein yang cukup tinggi, tetapi tetap harus dicampur protein hewani," katanya.

"Nanti akan kami hitung nilai gizinya, jika sudah diketahui akan kami coba tambahkan menu pendamping yang cocok agar menu tersebut memiliki nilai gizi yang seimbang," tutupnya. (JD 09/ED 01/EUD03)