LPM Kelurahan Kukusan Syafrudin (kiri) saat berkoodinasi dengan masyarakat Kukusan. (Foto : Janet/Diskominfo)

depok.go.id- Pasca bencana banjir,   sejumlah wilayah di Kota Depok mulai berbenah. Termasuk warga di Kelurahan Kukusan yang secara bergotong royong membantu membersihan rumah-rumah yang kotor akibat banjir. 

Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Kukusan, Syafrudin mengatakan, warga Kukusan saling bergotong royong membantu membersihkan rumah warga lainnya yang terkena banjir. Semua itu karena tingginya rasa empati yang dimiliki warga di wilayah tersebut.

“Kurang lebih ada 70 rumah yang secara bersama-sama kami bantu bersihkan. Hal ini juga sebagai bentuk penguatan mental bagi mereka, agar bisa semangat untuk kembali beraktifitas,” ujarnya kepada 

depok.go.id

, kemarin.

Dikatakan Syafrudin, baru kali ini wilayah Kelurahan Kukusan dilanda banjir yang cukup parah. Terutama di RW 01, RW 03 dan RW 04. 

"Untuk itu, bersama masyarakat, kami mencoba mencari solusi bagaimana agar ke depan wilayah ini tidak lagi terkena banjir. Misalnya, memperbaiki drainase dengan mengajukannya  pada Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang),” terangnya.

Dirinya menambahkan, pihaknya juga terus mendorong Pemerintah Kota (Pemkot) Depok untuk dapat berkoodinasi dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta terkait normalisasi sungai yang menghubungkan Depok dengan Jakarta Selatan. Sebab, menurutnya, aliran Sungai Cabang  Tengah yang ada di Kukusan dan Srengseng Sawah sudah mengalami penyempitan sehingga sering meluap saat musim hujan.

“Kami juga menyadari bahwa dulunya wilayah Kukusan adalah daerah persawahan sehingga air lambat menyerap ke dalam tanah. Di sini juga penduduknya cukup padat. Makanya, kami juga akan menjaga kebersihan lingkungan serta meningkatkan pengawasan terkait masalah sampah,” tutupnya. (JD03/ED 01/EUD02)

YOUR REACTION?