Ketua TP PKK Kota Depok, Elly Farida bersama anak-anak saat aksi peduli di wilayah terdampak bencana banjir di RW 28 Kelurahan Abadijaya, Kecamatan Sukmajaya, Sabtu, 11/01/2020.

depok.go.id - Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Depok melakukan penanganan pemulihan trauma(trauma healing) terhadap anak-anak yang terdampak banjir dan longsor. Kegiatan ini bekerja sama dengan Biman Foundation dan TP PKK kecamatan.

"Trauma healing ini kami lakukan untuk memberikan warna ke anak-anak yang terdampak bencana, supaya mereka tetap merasakan kasih sayang dari orang sekitar," kata Ketua TP PKK Kota Depok, Elly Farida kepada depok.go.id, usai kegiatan aksi peduli di RW 28 Kelurahan Abadijaya, Kecamatan Sukmajaya, Sabtu (11/01/2020).

Bunda Elly menyebutkan, Kegiatan Aksi Peduli ini dilakukan di tiga titik wilayah terdampak. Meliputi RW 28 Kelurahan Abadijaya, Kelurahan Pangkalan Jati Baru, dan Posyandu RW 12 Kecamatan Cinere.

"Kami menggunakan metode dongeng dalam trauma healing ini. Dengan demikian, diharapkan anak-anak dapat segera melupakan peristiwa yang terjadi tempo hari dan dapat melakukan aktivitasnya kembali," jelas Elly.

Di lokasi yang sama, Koordinator Biman Foundation, Andi Ina menuturkan, trauma healing sangat diperlukan anak-anak usai mengalami trauma akibat bencana. Untuk itu, pihaknya menurunkan sebanyak tiga psikolog guna membantu memulihkan mental anak-anak.

"Kami di sini mencoba untuk memulihkan mental masyarakat khususnya anak-anak. Kami juga edukasi terkait langkah-langkah dalam menyikapi suatu peristiwa yang sudah terjadi. Salah satunya dengan mengeratkan rasa empati di lingkungan sekitar,"ucap Ina. (JD 05/ED 01/EUD 02)

YOUR REACTION?