depok.go.id-Tiga pilar yaitu Kecamatan Sawangan, Polsek Sawangan dan Koramil 05/Sawangan melakukan upaya pencegahan bencana alam banjir dan longsor di musim penghujan. Langkah tersebut dengan menanam pohon di beberapa titik rawan bencana di Sawangan.

"Penanaman kami fokuskan di area yang rawan longsor, salah satunya di bantaran sungai," tutur Camat Sawangan, Harry Restu Gumelar usai memberikan bantuan di RW 06 Kelurahan Sawangan, Selasa, (07/01/20).

Dikatakan Harry, pihaknya bersama kepolisian dan TNI di wilayah Sawangan sudah lebih dulu melakukan penanaman pohon di Situ Sawangan dan Kelurahan Cinangka. Tak hanya itu, penanaman juga dilakukan di Kelurahan Sawangan, serta Pasir Putih.

"Sebelumnya kami menanam menggunakan pohon yang dibeli dari penjual bibit, juga ada dari swadaya warga. Ke depannya, semoga bisa bekerja sama dengan Kementerian Kehutanan dalam penyediaan bibit," jelasnya.

Di tempat yang sama, Kapolsek Sawangan, Kompol Suprasetyo mengimbau masyarakat untuk terus menjaga kebersihan. Tak hanya itu, ia juga berpesan untuk meningkatkan kerja bakti dan sistem keamanan lingkungan (siskamling).

"Masyarakat harus lebih peduli terhadap kebersihan lingkungan, dengan tidak membuang sampah sembaranagn, membersihkan saluran air yang ada di lingkungannya," pungkasnya. (JD 09/ED 02/EUD02)

YOUR REACTION?