Suasana kerja bakti gabungan membersihkan kali caringin (Foto: Istimewa)

depok.go.id-Kecamatan Sawangan hari ini menggelar bersih-bersih di Kali Caringin, Kelurahan Sawangan. Aksi bersih tersebut melibatkan ratusan petugas gabungan dari Kecamatan Sawangan, Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan, Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK), Dinas Sosial (Dinsos), Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Depok, TNI dan kepolisian.

Camat Sawangan, Herry Restu Gumelar mengatakan, kerja bakti gabungan ini untuk menindaklanjuti Surat Keputusan Wali Kota Depok Nomor 433/01/kpts/DPKP/Huk/2020, tertanggal 02 Januari 2020, tentang Penetapan Status Tanggap Darurat Bencana Banjir, Tanah Longsor dan Angin Kencang di Kota Depok.

“Dalam kerja bakti, kami juga menggandeng pihak Puskesmas Sawangan, karang taruna,” katanya usai kerja bakti, Sabtu (11/01/20).

Dikatakan Herry, selain petugas gabungan, masyarakat Kelurahan Sawangan dan Sawangan Baru juga ikut terlibat gotong royong membersihkan Kali Caringin. Semua pihak, sambungnya, bersama-sama mengangkut sampah yang ada di dasar kali tersebut.

"Alhamdulillah, semua berjalan lancar, sampah di kali juga sudah banyak yang terangkut," tuturnya.

Di tempat yang sama, Kepala Bidang Penanggulangan Bencana Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Depok, Denny Romulo menuturkan, pihaknya menerjunkan 20 personel dalam kerja bakti ini. Menurutnya, aksi bersi-bersih itu diadakan demi mencegah bencana banjir.

“Kami turut membantu membersihkan sampah di Kali Caringin, gotong royong dengan warga serta berbagai pihak,” pungkasnya. (JD 06 / ED 02/EUD 02)

YOUR REACTION?