depok.go.id-Masyarakat harus memperhatikan lingkungan sekitar termasuk di wilayah rawan banjir di musim penghujan. Pasalnya, berbagai indikasi penyakit dapat mudah menjangkit tubuh, salah satunya leptospirosis yang disebabkan oleh tikus. 

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, Novarita mengatakan, leptospirosis merupakan penyakit yang disebabkan oleh kencing tikus. Penularannya dapat masuk ke tubuh manusia melalui banjir. 

"Penyakit ini mudah sekali tertular ke tubuh manusia melalui selaput lendir, mata, hidung, kulit yang lecet, serta makanan," tuturnya kepada depok.go.id, Senin (06/01/20). 

Lebih lanjut, ucapnya, masyarakat dapat mengenali gejala dan tanda-tanda penyakit leptospirosis. Adapun diantaranya menggigil, batuk, diare, sakit kepala tiba-tiba, demam tinggi, nyeri otot, hilang napsu makan, dan  merah iritasi. 

Dikatakan Novarita, penyakit ini juga dapat dicegah dengan beberapa tindakan. Yaitu menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) untuk di lingkungan, menyimpan makanan dengan baik agar terhindar dari tikus, mencuci tangan kaki dan tubuh bagian lainnya menggunakan sabun, serta menggunakan sepatu karet yang tinggi bagi pekerja yang berisiko tinggi leptospirosis. 

"Pencegahan juga harus dilakukan dengan membasmi tikus dan membersihkan dengan desinfektan tempat-tempat yang terindikasi bekas kencing tikus," pungkasnya. (JD 02/ED 02/EUD 02)

YOUR REACTION?